//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAHRN(PROBLEM BASED INSTRUCTION) PADA VOLUME BALOK DAN RNKUBUS DALAM SUBTEMA INDONESIAKU BANGSA YANG CINTA DAMAI DI KELAS V SDN 7 JULI RNKABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KHALISA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Problem Based Instruction, Volume balok dan kubus. Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) pada Volume Balok dan Kubus dalam Subtema Indonesiaku Bangsa yang Cinta Damai di Kelas V SDN 7 Juli Kabupaten Bireuen”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah a) apakah penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) pada materi volume balok dan kubus dalam subtema Indonesiaku Bangsa yang Cinta Damai dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa di kelas V SDN 7 Juli Kabupaten Bireuen?, b) apakah penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instuctions) pada materi volume balok dan kubus dalam subtema Indonesiaku Bangsa yang Cinta Damai dapat mencapai ketuntasan nilai sikap dan keterampilan siswa di kelas V SDN 7 Juli Kabupaten Bireuen?. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian bersifat eksperimen semu. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk essay yang berjumlah 5 soal. Setelah data terkumpul, diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t, pada taraf signifikan α = 0,05. Adapun untuk mendapatkan jawaban dari hipotesis penelitian, maka digunakan uji-t, diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,45 > 1,70. Maka, dinyatakan Ho ditolak sehingga H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa “Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa pada volume balok dan kubus dalam subtema Indonesiaku Bangsa yang Cinta Damai”. Disarankan kepada peneliti lain agar menggunakan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan karena model ini dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa khususnya pada volume balok dan kubus dalam subtema Indonesiaku Bangsa yang Cinta Damai di kelas V SD.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURETERHADAP HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA INDONESIAKU, BANGSA YANG BERBUDAYA KELAS V SD NEGERI 30 BANDA ACEH (Fatimah Binti Ramli, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI KPK DAN FPB PADA SUBTEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH (Debrina Yulista, 2015)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MATERI MINYAK BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMAN 6 BANDA ACEH (Ovi Arista Lubis, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA ACEH (nurhafidhah, 2013)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-CONCEPT SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION (PBI) (Rahmad Fitra, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy