//

LAGU TAWAR SEDENGE DI KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IIN NOVITASARI - Personal Name
SubjectSONGS-FOLK LITERATURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: proses, faktor, makna, lagu Penelitian ini berjudul “Lagu TawarSedenge di Kabupaten Aceh Tengah”. Skripsi ini membahas tentang bagaimana proses penetapan lagu TawarSedenge di Kabupaten Aceh Tengah, faktor-faktor yang mempengaruhi lagu Tawar Sedenge sehingga menjadi lagu wajib daerah di Kabupaten Aceh Tengah dan makna apa saja yang terkandung dalam lagu TawarSedenge. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penetapan lagu TawarSedenge di Kabupaten Aceh Tengah, mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi lagu TawarSedenge sehingga menjadi lagu wajib daerah di Kabupaten Aceh Tengah dan mendiskripsikan makna yang terkandung dalam lagu TawarSedenge. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dan lokasi penelitian ini adalah tokoh-tokoh masyarakat yang mengetahui tentang kesenian, tetua adat, seniman Gayo dan anak/famili pencipta lagu. Lokasi penelitian terdapat di 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Tengah yaitu Kecamatan Kebayakan, Bebesen, Lut Tawar, Pegasing, Silih Nara, Atu Lintang, dan Bintang. Pengumpulan data digunakan dengan tehnik dokumentasi dan wawancara. Teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan mereduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penetapan lagu TawarSedenge memiliki beberapa tahap (1) pengusulan lagu TawarSedenge kepada bupati Aceh Tengah, (2) perubahan lirik lagu TawarSedenge. Faktor yang mempengaruhi lagu TawarSedenge sebagai lagu wajib daerah adalah faktor pendidikan, agama, sumber daya alam, dan adat. Makna yang terkandung dalam lagu TawarSedenge secara umum mencerminkan tentang karakter masyarakat Gayo yang harus bekerja keras, dan pantang menyerah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN A.R MOESE DALAM PERKEMBANGAN KESENIAN DI KABUPATEN ACEH TENGAH (JONA ERWENTA, 2016)

INSTRUMEN JANGKA SEBAGAI WUJUD KREASI MUSIKAL AR. MOESE SEBAGAI SENIMAN LEGENDARIS TANOH GAYO (TEGUH MULYANA, 2018)

MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK USIA DINI MELALUI LAGU DAERAH GAYO DI TK SATU ATAP WIHNI BAKONG KABUPATEN ACEH TENGAH (WAHYU, 2017)

THE USE OF SONGS IN TEACHING LISTENING FOR EFL YOUNG LEARNERS (Cut Rahma Sasmita, 2014)

GAMBARAN KADAR LEMAK IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS) DI KABUPATEN ACEH TENGAH (SYAHRIN NOVIA,SKH, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy