//

BENTUK PENYAJIAN TARI MUNALO DI KABUPATEN BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rika yanti - Personal Name
SubjectDANCING-CUSTOMS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Bentuk penyajian, tari, Munalo. Penelitian berjudul “bentuk penyajian tari Munalo di kabupaten Bener Meriah”. Mengangkat masalah bentuk penyajian tari Munalo di kabupaten Bener Meriah dan makna apa saja yang terkandung dalam gerak tari Munalo di kabupaten Bener Meriah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penyajian tari Munalo di kabupaten Bener Meriah dan untuk mendeskripsikan makna yang terkandung dalam gerak tari Munalo di kabupaten Bener Meriah. Sumber data dan lokasi dalam penelitian ini adalah Lk.Ara selaku pakar budayawan yang berasal dari gayo, Juliyanda Renggana pelatih sanggar Datu Beru di kabupaten Bener Meriah, dan Hidayah Ara mantan penari tari Munalo. Lokasi penelitian ini di Sanggar Datu Beru kabupaten Bener Meriah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dengan cara mereduksi, display data, serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Munalo merupakan tari penyambutan tamu dan penyambutan pengantin pria yang tarikan oleh satu orang penari laki-laki, tujuh orang penari perempuan, satu orang penyanyi dan lima orang pemain musik. Tari ini memiliki sembilan belas gerakan yang diiringi dengan alat musik tradisional gayo yaitu Canang, Gegedem, Gong dan Seruling serta syair yang dinyanyikan oleh seorang penyanyi yang berada diantara pemusiknya, iringan musik tari Munalo ini bertempo cepat, lambat, dan sedang. Secara keseluruhan tari Munalo ini diciptakan untuk upacara adat dan hiburan. Tari Munalo ini ditampilkan diatas pentas proscenium dan tanpa pentas, busana yang digunakan adalah busana adat gayo yaitu kerawang gayo. Gerak Tari Munalo ini memiliki makna gerak tari tetapi tidak semua gerakan memiliki makna diantaranya salam semah, kepur nunguk, munatap, sengker kalang, cincang nangka dan sining lintah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

BENTUK PENYAJIAN TARI SEKAPUR SIRIH DI KABUPATEN ACEH TAMIANG (Sepri Cah Ayu, 2014)

BENTUK PENYAJIAN TARI ANAK PADA ADAT PERKAWINAN DI KECAMATAN SIMEULUE TIMUR KABUPATEN SIMEULUE (FITRI ANGGRIANI, 2018)

BENTUK PENYAJIAN TARI SAPU TANGAN DISANGGAR MELATI LAE GENTUYUNG KABUPATEN ACEH SINGKIL (Malahayati, 2017)

KAJIAN KESESUAIAN PENGGUNAAN LAHAN DENGAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) KABUPATEN BENER MERIAH (Sylvia Zahara, 2016)

PROFIL DAN EFEKTIVITAS KOMITE SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PERAN DAN FUNGSI PADA SMP NEGERI 3 BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH. (ZULFADLI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy