//

ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN AKIBAT KENDARAAN BERMOTOR PADA RUAS JALAN TEUKU UMAR SEUTUI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mumtazul Fikri Musthafa - Personal Name
SubjectROADS- ENGINEERING
NOISE - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas teknik
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Setiap tahunnya tingkat kebisingan kendaraan bermotor terus meningkat. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya volume lalu lintas. Tingkat kebisingan disebabkan oleh kendaraan bermotor seperti sepeda motor, mobil penumpang, truk dan lain-lain. Salah satu jalan arteri di Kota Banda Aceh yang di kedua sisi jalannya mempunyai aktivitas yang sangat padat yaitu Jalan Teuku Umar Seutui hal ini disebabkan oleh volume lalu lintas yang tinggi. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan pengamatan lebih lanjut mengenai tingkat kebisingan pada kendaraan bermotor. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa tingkat kebisingan kendaraan yang diakibatkan oleh lalu lintas pada ruas Jalan Teuku Umar Seutui, dengan membuat suatu model matematis yang menyatakan hubungan antara tingkat kebisingan dengan komposisi kendaraan. Data yang dikumpulkan berupa data yang diperoleh di lapangan yaitu data tingkat kebisingan yang menjadi variabel terikatnya, sedangkan jumlah mobil penumpang, jumlah kendaraan berat, jumlah sepeda motor dan menjadi variabel bebasnya. Hasil pengolahan data diperoleh kebisingan tertinggi didapat sebesar 94,34 dB (A). Hasil yang diperoleh dari lokasi pengamatan sudah melebihi tingkat kebisingan yaitu 70 db(A) untuk kategori perdagangan dan jasa. Berdasarkan hasil pengujian regresi dengan menggunakan software SPSS-20 diperoleh model terbaik Y = 83,792 + 0,007 X1 + 0,259 X2 + 0,010 X3, dengan nilai determinasi (R2) sebesar 0,029 yakni tingkat kebisingan yang terjadi pada ruas Jalan Teuku Umar Seutui sebesar 2,9% ditentukan oleh variabel bebas (X1) jumlah mobil penumpang, (X2) jumlah kendaraan berat, (X3) sepeda motor. Berdasarkan model tingkat kebisingan tersebut, diketahui bahwa variabel bebas (X2) jumlah kendaraan berat dengan koefisien regresi 0,259 merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap jumlah tingkat kebisingan pada ruas Jalan Teuku Umar Seutui. Persamaan model tingkat kebisingan yang diperoleh tidak menunjukkan korelasi yang signifikan. Hal ini dikarenakan alat pendeteksi bising yang digunakan tidak dapat merekam secara detail komposisi kendaraan yang melewati pias pengamatan. Kata kunci: kebisingan, kendaraan bermotor, regresi linear berganda.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI TARIKAN PERGERAKAN KE SUZUYA MALL DAN KINERJA LALU LINTAS JALAN TEUKU UMAR BANDA ACEH (Ratih Citra Dewy Syahrir, 2016)

PENGARUH MANUVER KENDARAAN PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP PENURUNAN KAPASITAS DAN KARAKTERISTIK LALU LINTAS JALAN TEUKU UMAR KOTA BANDA ACEH (YUSMADI, 2019)

EVALUASI KARAKTERISTIK KEBUTUHAN LAHAN PARKIR DI SUZUYA MALL KOTA BANDA ACEH. (JUMADIN, 2017)

TINJAUAN KINERJA JALAN TEUKU UMAR SETELAH BEROPERASI SUZUYA MALL BANDA ACEH (HARITS FEBIRANDA, 2018)

MITIGASI TINGKAT KEBISINGAN YANG DIHASILKAN DARI AKTIVITAS TRANSPORTASI (STUDI KASUS PADA SEBAGIAN RUAS JALAN : MANEK ROO, SISINGAMANGARAJA DAN GAJAH MADA MEULABOH) (Muhammad Kurnia, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy