//

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII3 PADA MATERI GERAK LURUS DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang anista rahmi - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Hail Belajar, Penerapan, Pendekatan Scaintific Salah satu masalah yang terjadi pada pendidikan saat ini adalah rendahnya hasil belajar fisika siswa. Realita yang peneliti dapatkan selama mengajar siswa-siswi kelas VIII3 di SMP Negeri 4 Banda Aceh sejak bulan Mei 2014 sampai bulan Juni 2014 , diperoleh informasi bahwa fisika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit dan kurang diminati oleh siswa. Selain itu, hasil belajar fisika siswa juga masih rendah. Hal ini dikarenakan oleh kurang tepatnya penggunaan pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru serta banyak guru yang masih banyak menggunakan metode atau pendekatan yang masih terfokus kepada guru sehingga membuat siswa kurang aktif. Oleh karena itu penulis memilih pendekatan pembelajaran scientific untuk diterapkan pada materi gerak lurus diharapkan dapat meningkatnya hasil belajar siswa pada materi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran scientific pada materi gerak lurus dikelas VIII3 SMP Negeri 4 Banda Aceh. (2) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dengan penerapan pendekatan scientific pada materi gerak lurus di kelas VIII3 SMP Negeri 4 Banda Aceh. (3) untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kelas melalui penerapan pendekatan pembelajaran Scientific pada materi gerak lurus di kelas VIII3 SMP Negeri 4 Banda Aceh. (4) untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Scientific pada materi gerak lurus di kelas VIII3 SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan instrumen-instrumen yang terdiri dari tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Scientific dan lembar respon siswa. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerak lurus, (2) Aktifitas guru dan siswa sudah mencerminkan pembelajaran Scientific (3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran materi gerak lurus dengan menggunakan pendekatan scientific pada siswa kelas VIII3 SMP Negeri 4 Banda Aceh secara umum dapat dikatakan dalam katagori baik. (4) respon siswa terhadap pembelajaran Scientific menyetujui kegiatan KBM dengan pendekatan scientific dan berminat untuk mengikuti KBM selanjutnya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Rosdiana Meliana Situmorang , 2016)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERIPERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMPN 18 BANDA ACEH (Irna Handri Mastuti, 2016)

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KALOR PADA SISWA KELAS VII7 SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Tika Yuliana, 2014)

HUBUNGAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DI KLEAS X MIA1 SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (Yenny Kurniawati, 2017)

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DI KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Tengku Hafinda, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy