//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI KPK DAN FPB PADA SUBTEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Debrina Yulista - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
DIRECT INSTRUCTION TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe Direct Instruction, materi KPK dan FPB. Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Direct Instruction Pada Materi KPK dan FPB Pada Subtema Selalu Berhemat Energi di Kelas IV SD Negeri 62 Banda Aceh”, dengan rumusan masalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Direct Instruction pada materi KPK dan FPB Pada Subtema Selalu Berhemat Energi dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 62 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tuntas atau tidaknya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 62 Banda Aceh dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Direct Instruction pada materi KPK dan FPB pada subtema selalu berhemat energi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 62 Banda Aceh, adapun yang menjadi sampel adalah siswa kelas IVb yang berjumlah 33 orang siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan pemberian tes akhir. Data diolah menggunakan rumus statistik uji-t dengan taraf signifikan = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = n-1 = 33-1 = 32. Dari nilai tersebut diperoleh = 1,70, sehingga diperoleh > yaitu 3,73 > 1,70. Maka dinyatakan ditolak sehingga diterima. Dengan demikian Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Direct Instruction dapat Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Siswa pada Materi KPK dan FPB Pada Subtema Selalu Berhemat Energi di kelas IV SDN 62 Banda Aceh dapat diterima. Oleh karena itu disarankan kepada guru agar dapat menerapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Direct Instruction dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama pada materi KPK dan FPB.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELARATED INSTRUCTION (TAI) PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV SD NEGERI 8 BANDA ACEH (Destri Paramita, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SD NEGERI 2 LAMPASEH ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Fitriyah, 2014)

PENGGUNAAN MODEL DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENCAPAIRNKETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPSRNMATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASIRNKEMERDEKAAN DI KELAS V SD NEGERI 16RNBANDA ACEH (Mariani, 2014)

PROSES PEMBELAJARAN PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN DARI BAHAN LIMBAH BOTOL AQUA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DI MTSN 1 SIMPANG ULIM KABUPATEN ACEH TIMUR (RAFIQA, 2015)

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM DI MTSN BANDA ACEH (AINOL MARDIYAH, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy