//

KEMAMPUAN MENULIS SURAT UNDANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 37 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurlia - Personal Name
SubjectWRITING SKILLS - ELEMENTARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Kemampuan menulis surat undangan Penelitian ini berjudul “ Kemampuan Menulis Surat Undangan Siswa Kelas V SD Negeri 37 Banda Aceh”. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimanakah kemampuan menulis surat undangan siswa kelas V SD Negeri 37 Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan sekaligus mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V SD Negeri 37 Banda Aceh dalam menulis surat undangan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian deskriptif yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan objek atau subjek yang diteliti sesuai dengan apa adanya, dengan tujuan menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek yang diteliti secara tepat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 37 Banda Aceh, berjumlah 24 orang siswa, yang terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan. Data dikumpulkan dengan pemberian tes, yang kemudian di analisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dan berdasarkan tujuan dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis surat undangan siswa kelas V SD Negeri 37 Banda Aceh berada pada kategori baik. Dari 24 orang siswa, terdapat 6 orang (26,1%) yang kemampuannya berada pada kategori baik sekali, 10 orang (43,5%) kemampuannya berada pada kategori baik, 3 orang (13%) kemampuannya pada kategori cukup, 4 orang (17,4%) kemampuannya pada kategori kurang, dan tidak ada siswa (0,0%) yang berada pada kategori gagal. Hasil penelitian diketahui nilai rata-rata yang dicapai siswa adalah 70,86. Agar kemampuan siswa dalam menulis surat undangan menjadi lebih baik, disarankan kepada guru agar dapat meningkatkan kemampuan menulis surat (undangan) dengan melakukan latihan dan bimbingan yang lebih intensif. Dengan melihat hasil tes keterampilan siswa, disarankan kepada para siswa agar memperbanyak latihan menulis.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS V MIN RUKOH BANDA ACEH MENULIS SURAT UNDANGAN (Tarmuddin, 2013)

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS SURAT PRIBADI DI KELAS IV SD NEGERI 1 LAMCOT ACEH BESAR (Ulva suryani, 2014)

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS SURAT PRIBADI PADA KELAS IV SDN 71 KOTA BANDA ACEH (SUWARNI, 2014)

KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 BANDA ACEH (WILDA AZLINA, 2015)

PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TANPA MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 3 BANDA ACEH (farha, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy