//

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA GAGAL JANTUNG KRONIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Thalya Alissya Rahma - Personal Name
SubjectQUALITY OF LIFE
HEART FAILURE - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penyakit kardiovaskular merupakan penyebab kematian terbesar di dunia. Gagal jantung menempati urutan tertinggi dari seluruh penyakit jantung. Kualitas hidup penderita gagal jantung kronik salah satunya dipengaruhi oleh kepatuhan minum obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepatuhan minum obat dengan kualitas hidup penderita gagal jantung kronik. Metode yang digunakan pada penelitan ini adalah cross sectional menggunakan consecutive sampling. Sampel adalah penderita gagal jantung kronik menderita penyakit jantung koroner, penyakit jantung hipertensi dan atau diabetes mellitus dengan pengobatan standar. Jumlah sampel penelitian ini berjumlah 43 orang, perempuan 12 (27,9%) orang dan laki-laki 31 (72,1%) orang. Diagnosa paling banyak adalah penyakit jantung koroner (37,2%). Penderita dengan kepatuhan minum obat tinggi berjumlah 16 orang (37,2%), kepatuhan minum obat sedang 16 orang (37,2%) dan kepatuhan minum obat rendah 11 orang (25,6%). Rata-rata nilai kualitas hidup pada penderita dengan kepatuhan minum obat tinggi adalah 18,44, kepatuhan minum obat sedang 32,38 dan kepatuhan minum obat rendah 48,64. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan kepatuhan minum obat dengan kualitas hidup penderita gagal jantung kronik ρ < 0,05 (ρ= 0,000). Kata kunci : Gagal Jantung Kronik, Kepatuhan Minum Obat, Kualitas Hidup

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN POLIFARMASI DENGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT PASIEN GAGAL JANTUNG DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Muharrir, 2016)

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT HIPOGLIKEMIK ORAL DAN KADAR HEMOGLOBIN A1C DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Desi Melati, 2016)

HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH (KHAIRUL MUSTAFA, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN KESTABILAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLI JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Halbar August Kanda, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS (OAT)DI RSUD DR. HUSNI THAMRIN NATAL KABUPATEN MANDAILING NATAL (Rolan Ronaldo, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy