//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PAJAK DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang - Personal Name
SubjectTAXES
EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Pembelajaran, Hasil Belajar, Group Investigation (GI) Tujuan penelitian ini adalah 1. untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe group investigation. 2. efektifitas pembelajaran kooperatif tipe Group Investigartion pada materi pajak di kelas VIII2 SMP Negeri 9 Banda Aceh. 3. penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pajak di kelas VIII2 SMP Negeri 9 Banda Aceh. Motede yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh yang berjumlah 113 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII2 SMP Negeri 9 Banda Aceh yang berjumlah 27 orang. Pembelajaran ini dilakukan satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilanjutkan dengan tes, observasi dan respon siswa sedangkan analisis data diolah dengan rumus persentase sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan data setelah pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Group Investigation, siswa mengalami peningkatan prestasi belajarnya dilihat dari ketuntasan belajar klasikal yaitu dari 37,03% (tes awal) menjadi 74.07% (tes akhir), kemampuan guru berada pada ketegori baik sedangkan untuk aktifitas siswa sudah efektif, hasil angket sebagaian besar 84% respon siswa positif terhadap pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model kooperatif tipe Goup Investigation ada peningkatan prestasi belajar dan hasil belajar tuntas. Oleh karena itu pembelajaran model kooperatif tipe Group Investigation efektif dalam pembelajaran ekonomi materi pajak SMP Negeri 9 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Jul Siga Putra, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Yustia Sari, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABARRN DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (maisarah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL RNDI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Fazaliana, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (RISA ARWINA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy