//

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA TERHADAP KEPATUHAN BEROBAT PADA TB ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Maulina Rahmi - Personal Name
SubjectTUBERCULOSIS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Tuberkulosis (TB) anak adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis pada anak-anak. Anak sangat rentan terinfeksi TB terutama yang kontak erat dengan pasien TB BTA positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan orang tua terhadap kepatuhan berobat pada TB anak. Penelitian ini dilaksanakan di Poliklinik Anak RSUDZA Banda Aceh dengan sampel berjumlah 32 orang selama 1 bulan. Subjek penelitian adalah orang tua pasien TB yang datang membawa anaknya berobat di poliklinik. Pengukuran tingkat pengetahuan dan kepatahuan dilakukan dengan menanyai orang tua pasien menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu di Rumah Sakit Ibu Anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan orang tua terhadap kepatuhan berobat di Poliklinik Anak RSUDZA Banda Aceh (p=0.023). Pasien dengan pengetahuan rendah dan patuh berjumlah 4 orang (44,4%), pasien dengan pengetahuan rendah dan tidak patuh 5 (55,6%), pasien dengan pengetahuan tinggi dan tidak patuh 3 (13%), pasien dengan pengetahuan tinggi dan patuh 20 (87%). Artinya tingkat pengetahuan orang tua yang baik mempengaruhi kepatuhan orang tua dalam memberikan obat anti-tuberkulosis kepada anaknya. Kata Kunci : Kepatuhan, Pengetahuan, TB Anak

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN, FAKTOR PELAYANAN KESEHATAN DAN PMO DENGAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PASIEN TB PARU DI PUSKESMAS SAKTI (Fachrul Razi, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, FAKTOR PELAYANAN KESEHATAN DAN PENGAWAS MENELAN OBAT DENGAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DI PUSKESMAS SAKTI (Fachrul Razi, 2016)

PERKEMBANGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 1979-2016 (Fitriana Dewinta, 2017)

HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DI RUANG RAWAT SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Novizayuna, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KEPATUHAN PERAWAT DALAM MENERAPKAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (CUT DESI IRMAYANTI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy