//

PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI DALAM MEMBINA KARIR SISWA (STUDI PENELITIAN DI SMAN 3 BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Afrina Sarwan - Personal Name
SubjectCOUNSELING - EDUCATION
STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Layanan Informasi, Membina Karir Penelitian yang berjudul “Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling dalam Membina Karir Siswa”, bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis informasi karir, strategi layanan informasi karir dan tim pelaksana layanan informasi dalam membina karir siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru bimbingan konseling, guru wali kelas, guru mata pelajaran dan siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian di SMAN 3 Banda Aceh menunjukkan Jenis-jenis informasi karir belum sempurna diberikan di sekolah, yang telah diberikan yaitu minat karir, abilitas siswa, kekuatan dan kekurangan diri, dunia kerja, perguruan tinggi. Semestinya juga perlu adanya informasi karakteristik kepribadian serta nilai dan sikap karir. Strategi pelaksanaan layanan informasi dalam membina karir siswa belum sepenuhnya dilaksanakan, karna pada layanan dasar hanya bimbingan klasikal yang dilaksanakan sedangkan bimbingan kelompok serta berkolaborasi dengan orang tua, wali kelas dan guru mata pelajaran belum sempurna dalam pelaksanaannya. Pada layanan responsif hanya konseling individual yang telah dilaksanakan sedangkan konsultasi, konseling kelompok, alih tangan kasus dan bimbingan teman sebaya belum dilaksanakan. Perencanaan individual strategi yang dilaksanakan yaitu penilaian serta mengarahkan. Dan pada layanan dukungan sistem strategi telah dilaksanakan yaitu mengembangkan proesional guru dengan mengikuti kegiatan perkumpulan guru bimbingan konseling yang membahas dan bertukar pikiran tentang masalah yang dihadapi di sekolah. Tim pelaksana layanan informasi karir disekolah hanya melibatkan kepala sekolah, guru mata pelajran, guru wali kelas, serta nara sumber dari luar sekolah yaitu tim ahli psikologi, utusan pebankkan dan utusan perguruan tinggi serta alumni. Untuk meningkatkan keberhasilan layanan informasi karir kepada siswa, nara sumber yang dilibatkan haruspp bervariasi dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa, sebaiknya personil sekolah yaitu wakil kepala sekolah dan staf tata usaha/ administrasi dan tim luar sekolah yaitu orang-orang sukses dalam bidang perdagangan, seni ukir, perbengkelan, dan lain-lain.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN KARIR SISWA SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH (Mawaddah, 2019)

PENGARUH LAYANAN INFORMASI KARIR TERHADAP MINAT SISWA PADA LANJUTAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI (SUATU PENELITIA PRA EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 5 LANGSA) (MAIDAWATI, 2016)

PENERAPAN LAYANAN INFORMASI MENGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA (SUATU PENELITIAN PRA-EKSPERIMEN DI SMAN 1 BANDAR BARU, PIDIE JAYA) (Sri Rahmatia, 2017)

PENGGUNAAN MODUL PEMAHAMAN DIRI TENTANG KARIR DALAM LAYANAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMAN 8 UNGGUL TAKENGON (BENGI MAHARA, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR MELALUI METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) ( SUATU PENELITIAN PRA-EKSPERIMEN DI SMAN 8 BANDA ACEH) (Nurul Wilda, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy