//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HIDUP ANAK DENGAN ASMA USIA 5-18 TAHUN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nana Thursina - Personal Name
SubjectQUALITY OF LIFE
ASTHMA - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Asma merupakan penyakit kronis yang umunya terjadi pada anak-anak dan dapat menurunkan kualitas hidup. Diperkirakan beberapa faktor yang meliputi: status gizi, lama menderita, tingkat pendidikan ibu, riwayat atopi keluarga dan status ekonomi keluarga dapat mempengaruhi kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hidup anak dengan asma usia 5-18 tahun. Penelitian ini tergolong dalam jenis analitik observasional dengan desain cross sectional dan metode accidental sampling dengan jumlah 40 sampel. Kualitas hidup anak dengan asma ditentukan berdasarkan kuesioner PedsQLTM spesifik asma versi 3.0 dan kuesioner PedsQLTM versi 4.0. Didapatkan hasil analisis menggunakan uji Chi Square dan Fisher bahwa faktor yang berhubungan adalah status gizi p=0,031), tingkat pendidikan ibu (p=0,013) dan lama menderita (p=0,010). Sedangkan riwayat atopi keluarga (p = 0,471) dan status ekonomi keluarga (p = 0,273) tidak berhubungan terhadap kualitas hidup. Disimpulkan bahwa status gizi, tingkat pendidikan ibu dan lamanya menderita asma adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hidup anak dengan asma usia 5-18 tahun di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Kata kunci : Asma, kualitas hidup, PedsQL

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT KONTROL ASMA DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN ASMA BRONKIAL DI POLIKLINIK PARU RSUDZA BANDA ACEH (Ety Suhira, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT KONTROL ASMA DENGAN DERAJAT BERAT ASMA PADA PASIEN ASMA RAWAT JALAN DI POLI PARU RSUDZA BANDA ACEH (IDA MULYANI, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA MENGENAI ASMA BRONKIAL DENGAN TINGKAT KONTROL PADA ANAK PENDERITA ASMA BRONKIAL DI RSUDZA BANDA ACEH (Nisvi Rahmatia Ananda, 2015)

HUBUNGAN DERAJAT BERAT ASMA DAN TINGKAT KONTROL ASMA TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN ASMA BRONKIAL DI RSUDZA BANDA ACEH (Rizti Aqli, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT KONTROL ASMA DENGAN DERAJAT BERAT ASMA PADA PASIEN ASMA RAWAT JALAN DI POLI PARU RSUDZA BANDA ACEH (IDA MULYANI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy