//

KOPING STRES PADA REMAJA YANG MENIKAH KARENA PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI KABUPATEN BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Patimah Binti - Personal Name
SubjectSTRESS - PSYCHOLOGY
ADOLESCENTS -PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perilaku seksual pranikah pada remaja merupakan perilaku seksual yang dilakukan oleh remaja tanpa ikatan pernikahan, yang melibatkan sentuhan secara fisik anggota badan antara laki-laki dan perempuan yang telah mencapai tahap intim dan biasanya dilakukan oleh pasangan suami-istri. Remaja yang melakukan hubungan seksual pranikah karena dipengaruhi faktor pertemanan, kurangnya kontrol orang tua dan mudahnya mengakses informasi seksual. Pada kenyataannya hubungan seksual pranikah sering mengakibatkan kehamilan dan pernikahan pada remaja sehingga menyebabkan terjadinya dampak psikologis, ekonomi dan sosial yang menjadi pemicu munculnya masalah dalam pernikahan remaja. Masalah-masalah yang muncul didalam pernikahan dapat menyebabkan tekanan atau stres bagi individu yang mengalaminya. Kondisi tertekan akan memicu usaha-usaha individu untuk dapat mengatasinya. Usaha untuk mengurangi stres atau tekanan dikenal dengan koping stres (Lazarus dan Folkmann, 1984). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana koping stres pada remaja putri yang menikah karena perilaku seksual pranikah di Kabupaten Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Responden dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yang berusia 18-20 tahun. Proses pengambilan data menggunakan wawancara dan observasi yang dilakukan selama ± 1 bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga responden memiliki masalah dalam pernikahannya dan memicu mereka untuk menggunakan beberapa strategi koping dalam mengatasi masalah yang mereka hadapi. Strategi koping yang digunakan ketiga responden bervariasi yaitu confrontative coping, self-control, dan positive reapraisal. Kata kunci : koping stres,remaja yang menikah karena perilaku seksual pranikah, Kabupaten Bener Meriah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI IBU-ANAK DENGAN SIKAP TERHADAP PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA DI BANDA ACEH (Kurniawati, 2014)

PERBEDAAN CONSIDERATION OF FUTURE CONSEQUENCES PADA REMAJA AKHIR DITINJAU DARI PENGALAMAN MELAKUKAN HUBUNGAN SEKSUAL PRANIKAH (khairatun hisan, 2016)

HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN ORANGTUA DENGAN HARGA DIRI PADA REMAJA YANG MELAKUKAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI KOTA BANDA ACEH (Miranti Bahri, 2016)

RASA BERSALAH PADA REMAJA YANG MELAKUKAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI BANDA ACEH (Arifati Ilma Lubis, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA LAKI-LAKI DI SMA NEGERI 5 KOTA BANDA ACEH (Eka Safitri , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy