//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 INDRAPURI ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nafisah Hanim - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif, keterampilan proses sains dan korelasi antara hasil belajar kognitif dengan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbasis praktikum pada materi sistem Ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan bulan Mei 2014. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Indrapuri Aceh Besar dan dua kelas dipilih sebagai kelas sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas IPA2 (n=25) siswa dan kelas kontrol adalah kelas IPA3 (n=25) siswa. Penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbasis praktikum dianalisis dengan uji-t (Independent Sample t-Test) dan rubrik keterampilan proses sains pada saat praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa. Kelas eksperimen memiliki nilai N-Gain yang lebih tinggi (N-Gain = 74,33) dibandingkan kelas kontrol (N-Gain = 50,77). Hasil Belajar kognitif mengalami peningkatan yang signifikan (thit. 5,45 > ttab. 2,03) pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05), keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi kategori sangat baik, dan korelasi antara hasil belajar kognitif dengan keterampilan proses sains siswa adalah 0,71 (tinggi). Dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbasis praktikum memiliki kemampuan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains yang lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, dan terdapat korelasi yang positif antara hasil belajar kognitif dengan keterampilan proses sains.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Nela Yuliana, 2016)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DIPADU MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM INDRA DI MAN BANDA ACEH (JAUHARAH, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (RAHMANI, 2015)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (ERLITA, 2018)

KAJIAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MAN DARUSSALAM PADA PEMBELAJARAN MATERI REAKSI REDOKS MELALUI PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING (kartika rozaimah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy