//

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KEJADIAN INFARK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tjut Farahiya Hadi - Personal Name
SubjectMYOCARDIAL INFARCTION - MEDICINE
SLEEP
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Infark miokard akut adalah gangguan aliran darah ke jantung yang menyebabkan sel otot jantung mati. Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan ketidakseimbangan fisiologis dan psikologis, sehingga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah infark miokard akut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas tidur dengan kejadian infark miokard akut. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan case control. Populasi penelitian ini adalah seluruh penderita infark miokard akut. Teknik pengambilan sampel adalah quota sampling dengan jumlah sampel 62 kelompok kasus dan 62 kelompok kontrol. Hasil penelitian membuktikan bahwa 73,8 % kelompok kasus memiliki kualitas tidur yang buruk di masa lalu sedangkan pada kelompok kontrol hanya 26,2 % yang memiliki kualitas tidur yang buruk. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan kualitas tidur dengan kejadian infark miokard akut dengan nilai ρ < 0,05 (ρ = 0,000). Kesimpulannya terdapat hubungan kualitas tidur dengan kejadian infark miokard akut.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DERAJAT KEPARAHANN INFARK MIOKARD AKUT BERDASARKAN WAKTU SERANGAN PADA PENDERITA INFARK MIOKARD AKUT DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Siska, 2015)

LOKASI INFARK DENGAN BRADIKARDI PASIEN SINDROM KORONER AKUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT MEURAXA BANDA ACEH (OCTAMI RULIANI, 2018)

HUBUNGAN SLEEP HYGIENE DENGAN KUALITAS TIDUR PADA SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Hilal Pryanda, 2017)

HUBUNGAN KONSUMSI KOPI TERHADAP KUALITAS TIDUR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2012 (Putri Novian Zahra, 2016)

HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET DAN TELEVISI DENGAN KUALITAS TIDUR PADA SISWA SMAN 1 INGIN JAYA ACEH BESAR TAHUN 2016 (Reda Hayati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy