//

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, USIA DAN PARITAS IBU HAMIL DENGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Chyntarra Wulanda - Personal Name
SubjectPREGNANCY - OBSTETRICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Antenatal care mempunyai peran penting dalam menurunkan morbiditas dan mortalitas ibu dan bayi. Pemeriksaan antenatal care yang baik dan lengkap berperan dalam pendeteksian secara dini risiko dan kelainan yang dapat terjadi pada masa kehamilan. Cakupan antenatal care di Indonesia adalah sebesar 86,52%, provinsi Aceh 76,66% dan di Aceh Besar 73,90% hal ini menunjukkan masih belum tercapai target renstra tahun 2013 yaitu 93%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap, usia, dan paritas ibu hamil dengan Antenatal Care di Puskesmas Darussalam Aceh Besar tahun 2014. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 35 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Analisa data menggunakan Chi-square dan Fisher’s Exact Test pada interval kepercayaan 95% dengan α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan ibu hamil dengan Antenatal Care dengan nilai (p =0,011), terdapat hubungan antara sikap ibu hamil dengan Antenatal Care dengan nilai (p = 0,028), tidak terdapat hubungan antara usia ibu hamil dengan Antenatal Care dengan nilai (p = 0,228) dan tidak terdapat hubungan antara paritas ibu hamil dengan Antenatal Care dengan nilai (p = 1,000). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapatnya hubungan antara pengetahuan, sikap dengan Antenatal Care dan tidak terdapat hubungan usia dan paritas dengan Antenatal Care. Kata kunci: Antenatal care, pengetahuan, sikap, usia, paritas

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS INGIN JAYA (Nida Ulhaq, 2016)

HUBUNGAN USIA, PENDIDIKAN, PENGETAHUAN DAN PENDAPATAN DENGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2014 (zaini ahmad, 2014)

HUBUNGAN PENDIDIKAN, USIA DAN PENGETAHUAN IBU HAMIL DENGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS ULEE KARENG BANDA ACEH (Firman Guntara Desky, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH TAHUN 2013 (TRIJAJAYANDARI, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN DENGAN CAKUPAN ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS KUTA BARO ACEH BESAR TAHUN 2013 (Yuli Dwi Aksara , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.