//

ESTIMASI POTENSI HUTAN KOTA BANDA ACEH DALAM MEREDUKSI EMISI CO2 SEBAGAI REFERENSI PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN KEPENDUDUKAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURDIN AMIN - Personal Name
SubjectCARBON - BIOCHEMISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian tentang “Estimasi Potensi Hutan Kota Banda Aceh Dalam Mereduksi Emisi Co2 Sebagai Referensi Pembelajaran Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan dan Kependudukan” dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2014 di hutan Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui jenis, jumlah stok karbon yang tersimpan, kemampuan setiap jenis tumbuhan dalam mereduksi emisi CO2 serta sebagai referensi penyusun modul dan buku saku pada mata kuliah pengetahuan lingkungan dan kependudukan pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei eksploratif menggunakan rancangan Non Destructive. Pengukuran berat kering biomassa pohon yang dihitung menggunakan ”Allometric equation” berdasarkan pada diameter batang setinggi dada (1,3 m). Hasil penelitian diperoleh bahwa komposisi jenis pohon di hutan Kota Banda Aceh berjumlah 18 familia dari 30 jenis yang didominasi oleh Pterocarpus indicus dari familia Fabaceae. Jumlah biomasa di hutan Kota Banda Aceh 0,91134 Kg/Ha dengan stok karbon 0,42999 Kg/Ha, biomasa paling banyak terdapat di hutan Kota BNI Tibang yaitu 0,66143 Kg/Ha dengan jumlah stok karbon 0,30426 Kg/Ha, sedangkan jumlah yang paling sedikit terdapat pada hutan Mesjid Raya Baiturrahman dan Taman Hutan Putro Phang rata-rata biomasa 0,01833Kg/Ha dengan stok karbon 0,00995 Kg/Ha. Kontribusi serapan CO2 terbesar adalah jenis Tamarundus indica sebesar 0,014 Kg/Bulan, Samanea saman dan Mangifera indica dengan serapan rata 0,013 Kg/Ha, sedangkan yang paling sedikit kontribusi serapan CO2 adalah jenis Ficus sp yaitu 0,03 Kg/ha. Biomasa yang tersimpan pada setiap jenisnya 0,64 Kg/Ha dengan stok karbon 0,29 Kg/Ha. Sedangkan kemampuan setiap jenisnya dalam mereduksi emisi CO2 adalah 0,02 Kg/ Bulan. Hasil penelitian ini dijadikan sebagai penyusunan modul praktikum pada mata kuliah pengetahuan lingkungan dan kependudukan. Kata Kunci : Reduksi Emisi CO2, Biomasa, Kota Banda Aceh

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PERKULIAHAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN KEPENDUDUKAN (SAFRYADI A., 2014)

POTENSI PENGALIHAN WILAYAH JELAJAH (HOME RANGE) SEBAGAI SOLUSI KONFLIK BABI HUTAN (SUS SCROFA VITTATUS) DI KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Ainul Mardhiah, 2013)

KENDALA-KENDALA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH DALAM MENYELESAIKAN MATA KULIAH SEMINAR FISIKA (Nurmala, 2014)

DUGAAN SERAPAN KARBON PADA VEGETASI MANGROVE DI KAWASAN MANGROVE GAMPONG IBOIH, KECAMATAN SUKAKARYA, KOTA SABANG (Meivi Iswandar, 2017)

BANDA ACEH BOTANICAL GARDEN (Nur Keumalahayati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy