//

KONTRIBUSI KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DAN POWER OTOT LENGAN BAHU TERHADAP KEMAMPUAN CHEST PASS PERMAINAN BOLA BASKET PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairul Rozi - Personal Name
SubjectSPORTS
BASKETBALL
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: kelentukan pergelangan tangan, power otot lengan bahu dan kemampuan chest pass. Penelitian yang berjudul “Kontribusi Kelentukan Pergelangan Tangan dan Power Otot Lengan Bahu Terhadap Kemampuan Chest Pass Permainan Bola Basket pada Mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2012”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontribusi Kelentukan Pergelangan Tangan dan Power Otot Lengan Bahu Terhadap Kemampuan Chest Pass Permainan Bola Basket pada Mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2012. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Populasi didalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2012 berjumlah 122 orang. Sampel diambil 33% dari keseluruhan populasi yaitu berjumlah 40 orang dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kelentukan pergelangan tangan dengan menggunakan tes kemampuan pergelangan tangan, tes power otot lengan bahu dengan menggunakan medicine ball push dan kemampuan chest pass dengan menggunakan tes memantulkan bola basket kedinding. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasional. Data diolah dengan menggunakan teknik statistik dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata (Mean), Standar Deviasi (SD), dan uji Korelasional. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kelentukan pergelangan tangan dengan kemampuan chest pass sebesar (r = 0,82), (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara power otot lengan bahu dengan kemampuan chest pass sebesar (r = 0,85) dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kelentukan Pergelangan Tangan dan Power Otot Lengan Bahu terhadap kemampuan chest pass sebesar (R_(Y.X_1 X_2 )= 0,89). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Fhitung= 69,72 ≥ Ftabel= 3,25. Maka Kelentukan Pergelangan Tangan dan Power Otot Lengan Bahu mempunyai konstribusi yang signifikan terhadap kemampuan chest pass.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN MENDRIBEL BOLA BASKET PADA MAHASISWA PENJAKESREK UNSYIAH ANGKATAN 2012 (jumali, 2016)

HUBUNGAN DAYA TAHAN OTOT LENGAN DENGAN SHOOTING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2012 (arinal fikri, 2015)

HUBUNGAN POWER OTOT LENGAN DENGAN KEMAMPUAN CHEST PASS PADA TIM BASKET SMA NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN 2016 (Aji Prakarsa, 2018)

KONTRIBUSI POWER OTOT LENGAN DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN LEMPAR CAKRAM PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2012 (Wahyuni, 2015)

KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN PERGELANGAN KAKI TERHADAP RENANG GAYA BEBAS (Mubdi Ussalam, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy