//

PEMODELAN DAN SIMULASI ALIRAN LALU LINTAS JALUR EVAKUASI BENCANA WILAYAH BANDA ACEH DENGAN ALIRAN MASUK DAN KELUAR (STUDI KASUS: JALUR SATU ARAH DARI SIMPANG MESRA MENUJU BUNDARAN RUKOH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mahfuzailda - Personal Name
SubjectROADS - TRANSPORTATION SERVICES
SIMULATION-MATHEMATICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Matematika
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Penelitian dalam tesis ini mengkaji model arus lalu lintas jalur evakuasi bencana wilayah Banda Aceh. Pengkajian difokuskan pada wilayah Simpang Mesra hingga bundaran Rukoh. Model ini dikaji untuk dua jenis waktu yang berbeda ketika bencana terjadi, yaitu bencana terjadi pada malam hari dan bencana terjadi pada siang hari, khususnya pada saat jam sibuk (kerja). Model dibangun dengan memperhatikan adanya arus masuk (in ow) dan arus keluar (out ow) di sepanjang jalur evakuasi bencana. Selanjutnya model yang diperoleh diselesaikan secara numerik dengan menggunakan metode beda hingga. Pendekatan yang dipilih dari metode ini yaitu upwind scheme dengan langkah waktu dan ruangnya menggunakan beda maju dan beda mundur. Solusi dari model ini berupa simulasi kepadatan kendaraan di sepanjang jalur evakuasi bencana. Penelitian awal berupa model arus lalu lintas jalur evakuasi bencana yang hanya dibatasi adanya in ow tanpa out ow, menunjukkan kepadatan kendaraan yang tinggi baik pada malam hari maupun pada siang hari. Adanya penambahan jalur alternatif pada penelitian selanjutnya menunjukkan penurunan kepadatan kendaraan baik pada malam hari maupun pada siang hari. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signi kan antara model arus lalu lintas tanpa jalur alternatif dan model arus lalu lintas dengan jalur alternatif. Artinya model arus lalu lintas dengan jalur alternatif dapat meminimalisir kepadatan kendaraan di sepanjang jalur evakuasi bencana. Kata kunci: Model arus lalu lintas, metode beda hingga, pendekatan upwind scheme, beda maju, beda mundur, metode greenshield.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIMULASI KEMACETAN KENDARAAN SAAT EVAKUASI BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI DI BANDA ACEH (STUDI KASUS DI JEMBATAN LAMNYONG DENGAN PEMODELAN MATEMATIKA DAN SIMULASI NUMERIK) (Fathul Fithrah, 2014)

SIMULASI ALIRAN LALU LINTAS SATU ARAH DENGAN DATA KARAKTERISTIK JALAN SEBAGAI MASUKAN (junaidi, 2015)

PEMODELAN DAN SIMULASI KEMACETAN ARUS LALU LINTAS UNTUK KONDISI JALAN MIRING PADA PROSES EVAKUASI BENCANA GUNUNG BERAPI (Richasanty Septima S, 2017)

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) DAN WAKTU PERJALANAN AKIBAT PENERAPAN MEDIAN DI SIMPANG BUNDARAN LAMNYONG - JEMBATAN LAMNYONG (Zulhelmi, 2014)

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) DAN NILAI WAKTU PERJALANAN DI RUAS JALAN SIMPANG LAMREUNG – DARUSSALAM (FARHAN ANWAR FUADI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy