//

PROSEDUR PENGELOLAAN KREDIT DALAM UPAYA PENINGKATAN TINGKAT LIKUIDITAS PADA PD. BPR MUSTAQIM SUKAMAKMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mustaqim - Personal Name
SubjectCREDIT
BANKS (FINANCE)-ACCOUNTING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi (DIII)
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Pengelolaan kredit sangat penting bagi lembaga keuangan terkait dengan pengelolaan dana yaitu mulai dari kredit disalurkan sampai dengan kredit tersebut lunas, sehingga apabila pengelolaan dilakukan dengan maksimal maka risiko kredit macet dapat dihindarkan sehingga likuiditas BPR meningkat. Melakukan pengelolaan kredit berarti melaksanakan fungsi–fungsi manajemen, dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan kredit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kredit yang diterapkan BPR dan mengetahui bagaimana pengelolaan kredit yang efektif untuk meningkatkan likuiditas BPR. Pengelolaan kredit yang diterapkan pada BPR ini masih kurang efektif, masih ada kinerja BPR yang belum optimal. Wilayah kerja yang dimiliki BPR masih kurang luas, analisis yang digunakan dalam menganalisis calon nasabah dalam prakteknya hanya menerapkan prinsip character dan collateral, dan pada tugas account officer terjadi penumpukan tugas. PD. BPR Mustaqim Sukamakmur sebaiknya menambahkan wilayah kerja agar dapat bersaing dengan perusahaan sejenis di sekitar. BPR dalam menganalisis calon nasabah sebaiknya menerapkan keseluruhan prinsip 5C (character, capacity, capital, collateral, dan condition of economi) agar analisis yang dilakukan lebih efektif. Pengelolaan kredit yang dilakukan bank untuk menekan kenaikan NPL (Non Performing Loan) sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku, di mana tahapan- tahapan yang dilakukan sangat terstruktur. Namun, tingkat likuiditas BPR masih rendah dimana NPL masih berada di atas standar ketentuan Bank Indonesia, tahapan- tahapan pengelolaan kredit yang dilakukan pihak BPR yang dimulai dari pengawasan kredit, restrukturisasi, writte off (hapus buku), serta agunan yang di ambil alih sudah dilaksanakan dengan baik melalui pertimbangan yang dilaksanakan manajer kredit serta manajer risiko agar prospek pengelolaan kredit yang berpengaruh terhadap likuiditas bank dari segi NPL dapat terkontrol dengan jelas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSEDUR PENGELOLAAN KREDIT DALAM UPAYA PENINGKATAN TINGKAT LIKUIDITAS PADA PD. BPR MUSTAQIM SUKAMAKMUR (Mustaqim , 2015)

ANALISA PENCAIRAN KREDIT SUPER MIKRO PADA PD.BPR MUSTAQIM SUKAMAKMUR (Rian Erizal, 2015)

PERAN BPR MUSTAQIM BANDA ACEH SEBAGAI PENUNJANG MODERNISASI PEDESAAN DAN MEMBERIKAN LAYANAN JASA PERBANKAN BAGI GOLONGAN EKONOMI LEMAH ATAU PENGUSAHA KECIL (T. AMPON CUT AULIA BAET, 2016)

PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN DAERAH BANK PERKREDITAN RAKYAT MUSTAQIM SUKAMAKMUR DI ACEH (Fitrul Khairi, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA OLEH RNBANK BPR MUSTAQIM SUKAMAKMUR TERHADAP RNPENINGKATAN PENDAPATAN PEDAGANG KECIL RNDI PASAR PEUNAYONG KEC. KUTA ALAM RNKOTA BANDA ACEH (Teuku Muhammad Yusri, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy