//

DETEKSI KANDUNGAN FORMALIN PADA DAGING AYAM BROILER (GALLUS DOMESTICUS) DI PASAR KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizki Wulandari - Personal Name
SubjectCHICKEN (MEAT)
FORMALIN
MEDICAL CHEMISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Formalin adalah nama komersial dari larutan formaldehida dengan kadar 37–40%. Formalin termasuk kelompok senyawa disinfektan kuat yang sering dipakai sebagai pengawet, akan tetapi zat formalin tidak diizinkan untuk mengawetkan bahan makanan. Pengawetan daging ayam menggunakan zat formalin dapat membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui kandungan formalin pada daging ayam broiler (Gallus domesticus) yang dijual di pasar Kota Banda Aceh. Sampel yang diambil adalah daging ayam broiler dari lima pasar yaitu, Pasar Peunayong, Pasar Lamnyong, Pasar Seutui, Pasar Ulee Kareng, Pasar Kampung Baru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan observasi laboratorium terhadap daging ayam broiler di pasar kota Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling dengan jumlah 51 sampel. Berdasarkan hasil dari 51 sampel daging ayam broiler diperoleh 1 sampel (1,97%) dari pasar Peunayong yang menunjukkan hasil positif kandungan formalin. Kesimpulan bahwa daging ayam broiler yang dijual di pasar kota Banda Aceh sebagian besar tidak mengandung formalin dan masih aman dikonsumsi oleh masyarakat. Kata Kunci: Formalin, Pasar ayam, Daging ayam broiler

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH TINGKAT CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI TERHADAP NILAI ORGANOLEPTIK PADA DAGING PAHA AYAM BROILER (GALLUS GALLUS DOMESTICUS) (Sri Rezeki Handa Nuryani, 2017)

DETEKSI KANDUNGAN FORMALIN PADA KEUMAMAH DI PASAR TRADISIONAL KOTA BANDA ACEH (Cici Nabila Putri, 2015)

DETEKSI RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING AYAM BROILER DI BALAI VETERINER BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (NURUL HILDANI, 2019)

ANALISIS KANDUMGAM FORMALIN PADA TAHU YANG DIPRODUKSI OLEH HOME INDUSTRY DAN YANG DI PASARKAN DI KOTA BANDA ACEH (Yulia Fadlika, 2016)

INFEKSI BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA ANAK AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) DI PASAR LAMBARO ACEH BESAR (YANRIVINA SANTHA VERAWATY SIMANJUNTAK, S.KH, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy