//

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KIMIA TERAPAN SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PELAJARAN MUATAN LOKAL (MULOK) UNTUK SMA/MA DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nova Dara Phonna - Personal Name
SubjectCURRICULUMS
TEACHING MATERIALS
CEMISTRY-TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kimia Terapan Sebagai Alternatif Materi Pelajaran Muatan Lokal (Mulok) untuk SMA/MA Di Kota Banda Aceh” ini mengangkat masalah bagaimanakah tanggapan guru terhadap pengembangan bahan ajar berbasis kimia terapan sebagai alternatif materi pelajaran muatan lokal (Mulok) untuk SMA/MA di kota Banda Aceh yang telah disusun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan guru terhadap pengembangan bahan ajar berbasis kimia terapan sebagai alternatif materi pelajaran muatan lokal (Mulok) untuk SMA/MA di kota Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah guru-guru dari SMA Negeri 5 Banda Aceh dan SMA Insyafuddin Banda Aceh, dan jumlah subjek tersebut ditetapkan berdasarkan pertimbangan waktu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif (noneksperimen) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tulisan dan pengolahan data menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata (mean). Hasil analisis data menunjukkan bahwa tanggapan/respon guru terhadap pengembangan bahan ajar berbasis kimia terapan sebagai alternatif materi pelajaran muatan lokal (Mulok) untuk SMA/MA di kota Banda Aceh yang telah dilaksanakan secara keseluruhan ditemukan bahwa SMA Negeri 5 Banda Aceh, memberi tanggapan positif 76,77% sedangkan SMA Insyafuddin 70%. Berdasarkan kategori bidang studi non sains (Sejarah) merespon positif sebanyak 75% sedangkan bidang studi sains 65%. Berdasarkan umur/usia yaitu umur 50 tahun ke atas dan 50 tahun ke bawah tidak terlalu jauh berbeda, responden yang berumur di atas 50 tahun memberi 66,70% tanggapan positif, sedangkan responden yang berumur 50 tahun ke bawah memberi 66,00% tanggapan positif terhadap pengembangan bahan ajar berbasis kimia terapan sebagai alternatif materi pelajaran muatan lokal (Mulok) untuk SMA/MA di kota Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN BAKTIYA KABUPATEN ACEH UTARA (Sawiah, 2013)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (BILKISTI RESA S., 2014)

A DESCRIPTION OF THE TEACHING OF SPEAKING AT THE ENGLISH DEPARTMENT OF UIN AR-RANIRY (Ayuna Netta, 2014)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROYEK PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Delvida, 2017)

PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK SMA/MA KELAS XI IPA (Trio Salfrika, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy