Search :

Advance


HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE REMAJA PUTRI PADA SAAT MENSTRUASI DI MAN RUKOH BANDA ACEH TAHUN 2014

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mazra Ulfa Ardiani - Personal Name
Subyek PERSONAL HYGIENE
MENSTRUATION - HUMAN PHYSIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI Oktober 2014 xiv + vi bab + 81halaman + 9 tabel + 1 skema + 13 lampiran MAZRA ULFA ARDIANI 1207101020161 HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE REMAJA PUTRI PADA SAAT MENSTRUASI DI MAN RUKOH BANDA ACEH TAHUN 2014 ABSTRAK Saat ini kasus perempuan menjadi isu di bidang kesehatan, karena rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi hanya 17,1% remaja perempuan dan 10,4% remaja laki-laki yang memiliki pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara pengetahuan kesehatan reproduksi dengan perilaku personal hygiene remaja putri pada saat menstruasi di MAN Rukoh Banda Aceh Tahun 2014. Jenis penelitian ini deskriptif korelatif dengan metode cross sectional study. Sampel dipilih menggunakan metode random sampling dengan jumlah 63 responden. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 14-15 Oktober 2014 dengan menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian: terdapat hubungan antara pengetahuan remaja putri dengan definisi kesehatan reproduksi (p-value 0,008), begitu juga dengan hubungan antara pengetahuan remaja putri dengan cara pemeliharaan kesehatan reproduksi (p-value 0,027) dan hubungan antara pengetahuan remaja putri dengan penyebab infeksi saluran reproduksi (p-value 0,012) dengan perilaku personal hygiene remaja putri pada saat menstruasi di MAN Rukoh Banda Aceh Tahun 2014. Disarankan kepada remaja putri terutama siswi MAN Rukoh Banda Aceh agar dapat mencari informasi lagi mengenai cara memelihara dan merawat kesehatan reproduksi agar pengetahuan mengenai hal tersebut juga bertambah. Kata Kunci : Pengetahuan, remaja putri, perilaku personal hygiene DaftarBacaan : 22 buku, 2 jurnal, 6 skripsi (tahun 2003-2012).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUAL HYGIENE DENGAN PERILAKU REMAJA PUTRI SAAT MENTRUASI DI MTSN 1 INDRAPURI (Nia Fitria, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE DENGAN PENCEGAHAN FLOUR ALBOUS PADA REMAJA PUTRI DI SMAN 5 BANDA ACEH 2014 (Herma Desiyanti, 2015)

EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK DARUSSA’ADAH DAN PANTI SOS DESA TARUNA KABUPATEN ACEH BESAR (Rita Melisa, 2016)

HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE IBU DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATOH BANDA ACEH (Terah Imanuel Mirino, 2017)

GAMBARAN PERSONAL HYGIENE PADA REMAJA DI PESANTREN AL-ATHIYAH LEMBAH SELAWAH ACEH BESAR TAHUN 2014 (edi susanto, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.