//

PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT KEPEMILIKAN RUMAH PADA BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Susilawati - Personal Name
SubjectCONTRACT-LAWS
CONSUMER CREDIT-LAW
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK SUSILAWATI, PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT 2014 KEPEMILIKAN RUMAH PADA BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG BANDA ACEH (iv,64), pp., bibl., app. ( SUSIANA, S.H., M.H.) Dalam Undang-udang Perbankan Nomor 10 Tahun 1998 Pasal (1) butir 11 menyatakan bahwa kredit merupakan penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga. Dalam Pasal 1338 ayat (1) KUH Perdata menentukan bahwa setiap persetujuan yang dibuat secara sah berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya. Demikian pula dengan perjanjian kredit kepemilikan rumah yang disalurkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengikat kedua belah pihak. Debitor diwajibkan untuk mengembalikan angsuran kredit berserta bunga setiap bulan tepat pada waktunya sesuai dengan perjanjian, namun dalam pelaksanaannya pada saat pengembalian kredit kepemilikan rumah, 5 orang debitor tidak mengembalikan kredit sesuai dengan perjanjian atau tidak tepat waktu, sehingga terjadinya wanprestasi. Tujuan penulisan skripsi ini yaitu untuk menjelaskan pelaksanaan perjanjian kredit kepemilikan rumah pada BRI Cabang Banda Aceh, untuk menjelaskan faktor penyebab terjadinya kredit macet pada perjanjian kredit kepemilikan rumah, dan untuk menjelaskan penyelesaian kredit macet pada perjanjian kredit kepemilikan rumah. Data dalam penulisan skripsi ini diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan juga penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan untuk memperoleh data teoritis dengan cara mempelajari buku-buku teks, dan peraturan perundang-undangan. Penelitian lapangan dilakukan untuk memperoleh data primer melalui wawancara, dengan responden dan informan. Dari hasil penelitian pelaksanaan perjanjian kredit kepemilikan rumah pada BRI cabang Banda Aceh dapat diketahui 5 orang debitor melakukan kredit macet (wanprestasi) dan 45 orang kreditnya lancar. Faktor penyebab terjadinya kredit macet pada pelaksanaan perjanjian kredit kepemilikan rumah disebabkan oleh faktor ekonomi dan pemutusan hubungan kerja. Penyelesaian kredit macet yang ditempuh oleh BRI cabang Banda Aceh adalah dengan mengirimkan surat peringatan, melakukan restrukturisasi kredit, dan penyelesaian kredit melalui Kantor Pengurusan Kekayaan dan Lelang Negara (KPKNL). Disarankan pihak BRI harus lebih selektif lagi dalam melakukan analisis kredit kepemilikan rumah agar tidak terjadinya wanprestasi di kemudian hari. Kepada debitor apabila mengalami masalah dalam pengembalian kredit maka harus berkonsultasi dengan pihak bank.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT KONSUMTIF PADA PT. BANK BUKOPIN CABANG BANDA ACEH (Rika Riski, 2013)

PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, DAN KONTROL PERILAKU PERSEPSIAN TERHADAP NIAT PADA PENGGUNA KARTU KREDIT BANK BCA DI KOTA BANDA ACEH (Chairul Ichsan , 2015)

PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK CABANG BANDA ACEH (Rahmad Kurniawan, 2017)

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KREDITUR DALAM PERJANJIAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) MIKRO TANPA AGUNAN (STUDI PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA TBK. KANTOR CABANG BANDA ACEH) (ASRUL MARHAS, 2018)

WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) BIDANG TEKSTIL PADA PT. BRI (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG BANDA ACEH (RIDHA HAYATI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy