//

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TERHADAP IMUNISASI DASAR PADA BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KUTA BARO ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang jawahir syahputra - Personal Name
SubjectIMMUNIZATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

Imunisasi adalah suatu upaya yang dilakukan dengan sengaja memberikan kekebalan (imunitas) pada bayi atau anak sehingga terhindar dari penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD31). Pencapaian program imunisasi di Wilayah kerja Puskesmas Kuta Baro Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar pada tahun 2010 masih rendah dibandingkan dengan target yang di tetapkan oleh Kementrian Kesehatan Repuplik Indonesia yaitu imunisasi diharapkan mencapai 80 % tercapai pada tahun 2010. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional, yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu terhadap capaian imunisasi dasar pada bayi di Wilayah kerja Puskesmas Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai anak usia > 12 bulan dan ≤ 24 bulan yang ada di wilayah kerja Puskesmas Kuta Baro Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 483 Orang. Sampel 99 orang diambil dengan teknik simple random sampling. Data primer diambil melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisa Univariat dan Bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh terhadap tindakan ibu dalam pemberian imunisasi dasar lengkap adalah sikap (p=0,000) dan variabel yang tidak berpengaruh terhadap tindakan ibu dalam pemberian imunisasi dasar lengkap adalah variabel pengetahuan (p=0,934). Kata Kunci : Imunisasi dasar lengkap, Pengetahuan, Sikap.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASIRNDASAR DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASARRNPADA BALITA DI WILAYAH KECAMATANRNDARUSSALAM ACEH BESARRNTAHUN 2014 (Anggun Fantaria, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PEKERJAAN IBU TERHADAP PEMBERIAN IMUNISASI HEPATITIS B0 DI POSYANDU PUSKESMAS JAYA BARU BANDA ACEH (HABIBATURRAHMI, 2016)

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN IBU DAN JUMLAH ANAK DENGAN STATUS IMUNISASI DASAR DI PUSKESMAS JAYA BARU BANDA ACEH (Annisa Soraya Putri, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IBU TERHADAP PEMBERIAN IMUNISASI DASAR PADA ANAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RNJEULINGKE KOTA RNBANDA ACEH (Safarna Lavia, 2015)

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN IBU DAN JUMLAH ANAK DENGAN STATUS IMUNISASI DASAR DI PUSKESMAS JAYA BARU BANDA ACEH (Annisa Soraya Putri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.