//

HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF, PARITAS DAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP STATUS GIZI MURID TAMAN KANAK - KANAK FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN UNSYIAH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aznil Fajri - Personal Name
SubjectNUTRITIONAL SERVICES-SCHOOLS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Taman kanak-kanak (TK) merupakan awal pengenalan anak dari suatu lingkungan sosial yang ada di masyarakat umum di luar keluarga. Jika dilihat dari segi umur, anak TK berada pada usia 4-6 tahun, yaitu masa dimana anak masih sangat membutuhkan suplai makanan dan gizi dalam jumlah yang cukup dan memadai. Kekurangan gizi pada masa ini dapat menimbulkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pemberian ASI Eksklusif, pengetahuan ibu dan paritas tehadap status gizi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, subjek penelitian terdiri atas 175 orang murid taman kanak-kanak FKIP Unsyiah Kota Banda Aceh dan ibu mereka yang dipilih secara total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, pengukuran berat badan dan tinggi badan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar status gizi murid TK menurut indeks IMT/U berada dalam kategori normal yaitu sebesar 65,14%, Pemberian ASI eksklusif sebesar 70,85%, pengetahuan baik sebesar 85,71% dan paritas ≤ 4 anak sebesar 89,14%. Berdasarkan hasil uji chi square terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian ASI eksklusif dengan status gizi (p=0,004, OR 2,645; 1,348-5,189), terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu dengan status gizi (p=0,017, OR 2,789; 1,178-6,603) dan terdapat hubungan yang signifikan antara paritas dengan status gizi (p=0,026, OR 2,915; 1,104-7,696). Kata kunci : ASI eksklusif, pengetahuan ibu, paritas, taman kanak-kanak, status gizi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN STATUS GIZI ANTARA MURID LAKI-LAKI DAN MURID PEREMPUAN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-AZHAR SYIAH KUALA BANDA ACEH (Resi Devi Yanti, 2014)

PEMBELAJARAN SENTRA SENI MUSIK DRUM DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI (Dinda Rhesti Gandhis, 2016)

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-AZHAR KOTA BANDA ACEH (RATNA SARI WANGSA, 2015)

PROSES PEMBELAJARAN TARI BATOK DI TAMAN KANAK-KANAK BUNGONG SEULEUPOEK (SEKAR RATIH, 2018)

RAGAM BAHASA GURU DALAM INTERAKSI KELAS DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU ARRAHMAH KOTA BANDA ACEH (INTAN OPH DARWIN, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy