//

ANALISIS SIFAT MEKANIS DAN SIFAT FISIS ALUMINIUM BEKAS HASIL CORAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tio Muger Stiawan - Personal Name
SubjectALUMINUM
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik - Teknik Mesin
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Analisis Sifat Mekanis dan Sifat Fisis Aluminium Bekas Hasil Coran Oleh : Tio Muger Stiawan 0904102010017 Jurusan TeknikMesin Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sifat fisis dan sifat mekanis aluminium bekas hasil coran dari aluminium bekas. Aluminium merupakan salah satu material yang dapat di daur ulang (recycle). Pendauran ulang aluminium pada umumnya menggunakan teknologi pengecoran, namun mendaur ulang aluminium bekas dengan teknik pengecoran biasa tanpa perlakuan material dapat menurunkan kualitas sifat materialnya, kualitas material dapat di tentukan dari sifat fisis dan sifat mekanisnya. Metode yang digunakan adalah material kaleng minuman aluminium, rak aluminium, piston motor bensin, panci aluminium dan aluminium ingot terlebih dahulu dilebur dalam furnace selanjutnya dicor kedalam cetakan logam untuk selanjutnya dibuat menjadi spesimen pengujian. Pengujian yang dilakukan adalah uji impact, uji vickers, SEM dan uji komposisi kimia material aluminium scrab tersebut. Hasil yang didapat untuk nilai kekerasan tertinggi adalah material piston motor bensin bekas yaitu 54.1273743 HV,dan kekerasan terendah pada panci aluminium bekas yaitu sebesar 26.8780381 HV. Hasil uji impact di dapat panci aluminium bekas memiliki nilai ketahanan impact paling tinggi yaitu 40.333 dan nilai kekerasan impact terendah pada piston motor bensin yaitu 1.66666 Kata kunci : Teknologi Pengecoran, Aluminium Bekas, Kekerasan, Impact

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISASI MEKANIS DAN STRUKTUR MIKRO PADUAN ALUMINIUM DAUR ULANG HASIL PENGECORAN UNTUK PROPELER KAPAL NELAYAN (MARBENGET GULTOM, 2019)

PEMBUATAN WAJAN PENGGORENG MELALUI TEKNOLOGI PENGECORAN LOGAM DARI PEMANFAATAN ALUMINIUM BEKAS (Khaidir, 2014)

ANALISIS PERBANDINGAN NILAI CBR BERDASARKAN PENGUJIAN DCP DAN BATAS-BATAS ATTERBERG PADA RUAS JALAN KEUMALA GEUMPANG STA 101+ 011 DESA ALUE CAMPLI KABUPATEN PIDIE (ksatria wantona, 2016)

PENGARUH VARIASI KOMPOSISI JERAMI PADI DAN POLIPROPILENA TERHADAP SIFAT MEKANIS DAN FISIS PAPAN PARTIKEL (Ismatur Rahmi, 2019)

PENGARUH PENCAMPURAN KAPUR TERHADAP NILAI CBR UNSOAKED PADA TANAH APURAN (MAHDI AMIN, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy