//

KARAKTERISTIK BETON ASPAL (AC-BC) MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT DENGAN VARIASI FILLER (ABU KILN DAN SEMEN PC)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang safriadi - Personal Name
SubjectASPHALT CONCRETE - ROAD ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fak. Teknik Sipil Diploma III
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perkembangan penelitian tentang bahan konstruksi perkerasan jalan khususnya perkerasan lentur (flexible pavement) diarahkan pada usaha pemanfaatan material setempat dan disesuaikan dengan kondisi daerah di mana konstruksi perkerasan akan dilaksanakan, akan tetapi dengan adanya penambahan ruas jalan yang semakin lama semakin meningkat maka bertambah pula kebutuhan material untuk pembangunan jalan. Dari uraian permasalahan ini, maka perlu suatu kajian mengenai parameter Marshall beton aspal terutama dengan menggunakan material batu basalt sebagai agregat kasar dengan memvariasikan filler dari abu kiln dan semen PC. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui parameter Marshall material basalt dengan filler dari abu kiln dan semen PC. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan abu kiln dan semen PC sebagai filler dapat mempengaruhi parameter Marshall dan nilai durabilitas campuran beton aspal (AC-BC) dari sebelumnya menggunakan filler abu batu basalt, dimana pada penggunaan semen PC terjadi peningkatan stabilitas, sedangkan pada abu kiln terjadi penurunan nilai stabilitas akan tetapi semua nilai tersebut memenuhi semua parameter Marshall. Nilai stabilitas dengan penggunaan abu kiln sebagai filler terjadi penurunan stabilitas dimana 0% abu kiln- 6% abu batu basalt, 2% abu kiln- 4% abu batu basalt, 4% abu kiln- 2% abu batu basalt dan 6% abu kiln- 0% abu batu basalt diperoleh stabilitas masing-masing 1600,45 kg, 1274,53 kg, 1098,33 kg dan 970,71 kg. Nilai durabilitas meningkat dengan bertambahnya persen kadar abu kiln yaitu masing-masing 79,32%, 80,20%, 81,09 dan 81,96%. Sedangkan pada penggunaan semen PC sebagai filler terjadi peningkatan stabilitas dimana 0% semen PC- 6% abu batu basalt, 2% semen PC- 4% abu batu basalt, 4% semen PC- 2% abu batu basalt dan 6% semen PC- 0% abu batu basalt diperoleh stabilitas masing-masing 1600,45 kg, 1686,06 kg, 1711,05 kg dan 1721,79 kg. Nilai durabilitas meningkat dengan bertambahnya persen kadar semen PC yaitu masing-masing 79,32%, 80,17%, 82,09% dan 84,64%. Kata kunci; Material Basalt, Beton Aspal (AC-BC), Aspal Pen 60/70, filler Abu Kiln dan Semen PC.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI KARAKTERISTIK BETON ASPAL (AC–BC) MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT DENGAN VARIASI AGREGAT HALUS DAN FILLER ABU KILN (STUDI KASUS : SUBTITUSI SEMEN PC DAN ABU KILN) (ELVIA ANDRIANI, 2015)

KARAKTERISTIK BETON ASPAL (AC-BC) MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT DENGAN VARIASI FILLER (ABU KILN DAN SEMEN PC) (safriadi, 2015)

KAJIAN PARAMETER MARSHALL UNTUK CAMPURAN ASPAL BETON (AC-BC) MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT DENGAN VARIASI AGREGAT HALUS BATU BASALT DAN ABU KILN (Mariana, 2015)

KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPHALT CONCRETE- RNBINDER COURSE (AC-BC) MENGGUNAKAN MATERIAL RNBASALT DENGAN VARIASI FILLER ABU BATU BASALT, RNSEMEN PC, DAN FLY ASH BATUBARA (NURLISNA SAFITRI, 2015)

UJI KARAKTERISTIK ASPAL BETON LAPIS ANTARA (ASPHALT CONCRETE-BINDER COURSE, AC–BC) MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT (STUDI KASUS VARIASI PERSENTASE FILLER ABU BATU BASALT DAN ABU SEKAM) (Irwanyah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy