//

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG DISMENOREA DI MAN RUKOH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitri Dwi Puspita Sari, S.Ked - Personal Name
SubjectDYSMENORRHEA - GYNECOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dismenorea adalah rasa nyeri yang terjadi selama menstruasi. Banyak remaja putri yang mengalami dismenorea. Tingginya angka prevalensi dari dismenorea kurang mendapat perhatian dari dunia medis, wanita yang mengalami dismenorea menganggap rasa nyeri sebagai sesuatu yang normal, walaupun hal tersebut menghambat aktivitas mereka sehari-hari. Karena kurangnya pengetahuan medis, sebagian remaja putri belum mengetahui cara menangani dismenorea. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap remaja putri tentang dismenorea di MAN Rukoh Kota Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif dengan desain cross sectional survey. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 134 orang dengan ketepatan relative (d) sebesar 0,05. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling, sampel kemudian didistribusikan secara proposrsional berdasarkan tingkatan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner dan analisis data secara univariat. Hasil uji tingkat pengetahuan dan sikap remaja putri tentang dismenorea MAN Rukoh Kota Banda Aceh menunjukkan bahwa sebagian besar pengetahuan remaja putri MAN Rukoh Kota Banda Aceh berada dalam kategori Baik (83,6%) dan sikap remaja putri termasuk dalam kategori setuju (78,4%). Dari penelitian tersebut dapat dilihat bahwa tingkat pengetahuan dan sikap remaja putri MAN Rukoh Kota Banda Aceh adalah baik. Kata Kunci: Dismenorea, Pengetahuan, Remaja, Sikap.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUASI DENGAN KESIAPAN MENGHADAPI MENARCHE DI MIN RUKOH BANDA ACEH RNTAHUN 2014 (MUTIA, 2014)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE REMAJA PUTRI PADA SAAT MENSTRUASI DI MAN RUKOH BANDA ACEH TAHUN 2014 (Mazra Ulfa Ardiani, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DISMENOREA PRIMER TERHADAP SWAMEDIKASI PADA MAHASISWI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2016 (Anggun Rosalina, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUAL HYGIENE DENGAN PERILAKU REMAJA PUTRI SAAT MENTRUASI DI MTSN 1 INDRAPURI (Nia Fitria, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE DENGAN PENCEGAHAN FLOUR ALBOUS PADA REMAJA PUTRI DI SMAN 5 BANDA ACEH 2014 (Herma Desiyanti, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy