//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN PADA MATERI RUANG DIMENSI TIGA DI KELAS X SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FERA NOVIANTI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
TIME TOKEN TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif time token, dimensi tiga Matematika merupakan ilmu dasar, sehingga matematika memiliki peran yang penting dalam berbagai ilmu. Akan tetapi banyak siswa yang beranggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit, salah satunya materi geometri seperti materi ruang dimensi tiga. Upaya untuk mengatasi kesulitan siswa dalam belajar matematika adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang baru, salah satunya adalah pembelajaran kooperatif tipe time token. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token pada materi ruang dimensi tiga di kelas X SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar dapat mencapai ketuntasan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token pada materi ruang dimensi tiga di kelas X SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sedangkan yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar dan sampelnya adalah siswa kelas X IPA-1 yang berjumlah 26 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan tes berbentuk essay setelah pembelajaran berlangsung dan kemudian akan dianalisis dengan menggunakan statistik uji–t pada taraf signifikan α = 0.05. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata x ̅ = 88.73 dengan standar deviasi s = 6.2. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji–t dimana thitung = 15.35 dan ttabel = 1.71 sehingga thitung > ttabel yaitu 15.35 > 1.71. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran time token pada materi ruang dimensi tiga di kelas X SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar dapat mencapai ketuntasan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPSTERPADU KELAS VIII-1 SMP NEGERI 1 KUTA BAROE (haikal nurseha, 2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (WULAN MAULIZA, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (ZAITUN MUNAR, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DENGAN MAKE A MATCH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Rahmatul Husna, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN KONVENSIONAL DI SMA NEGERI 1 MONTASIK (Nurlaili, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy