//

Penyalutan Kalsium Nitrat Sebagai Campuran Matriks Sagu dan Abu Sekam Padi Sebagai Pupuk Controlled Release

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rini Arsha - Personal Name
SubjectCHEMIVAL ANALYSIS
FERTILIZERS-CHEMICAL ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : kalsium nitrat, pupuk controlled release, sagu, abu sekam padi. Pupuk controlled release atau pupuk lepas terkendali merupakan pupuk yang dibuat untuk melepaskan zat haranya secara bertahap sesuai dengan kebutuhan gizi tanaman. Manfaat yang dirasakan dari penggunaan pupuk controlled release terhadap tanaman adalah 2 kali aplikasi dari pupuk fast release. Pada penelitian ini telah dilakukan penelitian tentang penyalutan kalsium nitrat dengan campuran matriks sagu dan abu sekam padi sebagai alternatif pupuk controlled release. Senyawa kalsium nitrat di salut dengan campuran matriks sagu dan abu sekam padi dengan berbagai perbandingan variasi komposisi yang selanjutnya dibentuk seperti pellet. Pellet yang didapatkan diuji ketahanannya dalam air. Pellet yang memiliki ketahanan yang optimum dipilih untuk dianalisis kadar kalsium dan nitrat dengan menggunakan alat spektroskopi serapan atom (SSA) dan UV-Vis. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa konsentrasi total ion kalsium per pellet sebesar 491,850 ppm atau 0,049 gram. Pengeluaran ion kalsium per pellet dari hari ke hari semakin meningkat dengan pengeluaran Ca2+ yang maksimum berada pada hari ke-20 yaitu sebesar 0,0449 gram. Laju pengeluaran Ca2+rata-rata per hari sebesar 0,0024 g/hari. Sementara itu konsentrasi total ion nitrat terlarut per pellet sebesar 263,115 ppm atau sebesar 0,0263 gram dengan pengeluaran NO3- yang maksimum berada pada hari ke-4 yaitu sebesar 0,0245 gram. Laju pengeluaran ion nitrat terlarutper pellet pada hari ke-4 adalah sebesar 0,0061 g/hari, sedangkan pada hari ke-8, 14, dan 20 terjadi penurunan konsentrasi ion nitrat, karena terjadinya proses denitrifikasi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENYALUTAN GARAM MAGNESIUM DENGAN CAMPURAN MATRIKS SAGU DAN ABU SEKAM PADI SEBAGAI ALTERNATIF PUPUK SLOW RELEASE(SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN INKUIRI KIMIA UNSUR) (Yuan Nadia, 2015)

PEMBUATAN PUPUK SLOW RELEASE (MG(NO3)2.6H2O DENGAN MATRIKS ABU SEKAM PADI + SAGU + KITOSAN) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS) (Syahlidayani, 2017)

PEMBUATAN PUPUK SLOW RELEASE MENGANDUNG ION MAGNESIUM MENGGUNAKAN MATRIKS ABU SEKAM PADI DENGAN PEREKAT GETAH KARET (HAVEA BRASILIENSIS) (Rosi Hasriyanti, 2018)

ANALISIS KADAR MAGNESIUM DAN KALSIUM DARI KELARUTAN PUPUK SLOW RELEASE KOMPOSIT ABU SEKAM PADI-SAGU DALAM TANAH YANG BERBEDA SECARA SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (Emi Fitrya Husna, 2018)

PEMBUATAN PUPUK UREA SLOW RELEASE DENGAN MENGGUNAKAN MATRIK ABU SEKAM PADI DENGAN PEREKAT GETAH KARET (HAVEA BRACILEANSIS) (Haris Munandar, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy