//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMSRNGAMES TOURNAMENT (TGT) DAN CONCEPT MAPPING PADARNSISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKANRNHASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1RNDARUL IMARAH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nova Maulita - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Kooperatif, TGT, Concept Mapping, hasil belajar. Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Concept Mapping pada sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar” ini mengangkat masalah bagaimana hasil belajar siswa kelas XI I.A SMA Negeri 1 Darul Imarah dengan menggunakan model TGT dan Concept Mapping. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan Concept Mapping pada sistem pencernaan manusia. Subjek penelitian yaitu kelas XI I.A1 sebagai kelas eksperimen pertama yang diajarkan dengan model TGT dengan jumlah 31 siswa dan kelas XI I.A2 sebagai kelas eksperimen kedua yang diajarkan dengan model Concept Mapping dengan jumlah 31 siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal pretest dan postest yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan dalam bentuk multiple choice. Analisis data digunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga thitung > ttabel (thitung = 2,71 dan ttabel = 2,00 ) pada taraf signifikan 5%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia dengan menggunakan model TGT lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model Concept Mapping.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X PADA MATERI VEKTOR DI SMA N 1 KUTA COT GLIE. (Zahratul Muhaira, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Rusliana, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XII DI SMAN 5 BANDA ACEHRNDI SMAN 5 BANDA ACEH (Zikrayanti, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATERI SATUAN JARAK DANRN KECEPATAN DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Fajar Alfisyahril, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF RNTIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KERJA ILMIAH DAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN RNMANUSIA DI SMA NEGERI I SIGLI (ROSDIANI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy