//

PEMETAAN DAN EVALUASI EKOWISATA BAHARI DI PANTAI TEUPIN LAYEU IBOIH KOTA SABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dian Aswita - Personal Name
SubjectBEACHES
BEACH ACTIVITIES - RECREATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan ekowisata bahari di Kawasan Wisata Pantai Teupin Layeu Iboih berdasarkan keragaman sumber daya alam yang dimiliki dan untuk melihat kesesuaian Pantai Teupin Layeu Iboih sebagai lokasi ekowisata bahari. Penelitian ini dilaksanakan di Pantai Teupin Layeu Iboih Kota Sabang pada bulan Maret sampai dengan Juni 2014. Pendekatan dan jenis penelitian bersifat deskriptif dengan menggunakan metode survai dan observasi lapangan. Parameter dalam penelitian ini adalah jenis terumbu karang, jenis ikan karang, kedalaman perairan, kecerahan perairan, tipe pantai, penutupan lahan pantai, material dasar perairan, dan jarak ketersediaan air tawar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) lokasi kesesuaian lahan ekowisata untuk rekreasi pantai, secara geografis terletak pada 05°52’20”-05°52’27” Lintang Utara dan 95°15’22”-95°15’29” Bujur Timur dan lokasi kesesuaian lahan untuk aktivitas diving dan snorkeling, berada pada 05°52’21”-05°52’33” Lintang Utara dan 95°15’23”-95°15’31” Bujur Timur; (2) Indeks Kesesuaian Ekowisata Pantai Teupin Layeu Iboih untuk rekreasi pantai adalah 73% dan untuk aktivitas diving dan snorkeling adalah 86,7%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kawasan Wisata Pantai Teupin Layeu Iboih dapat dipetakan menjadi dua peta kesesuaian kawasan, yaitu peta kesesuaian kawasan ekowisata bahari untuk rekreasi pantai dengan luas wilayah yang sesuai adalah 0,51 ha dan peta kesesuaian kawasan ekowisata bahari untuk diving dan snorkeling dengan luas wilayah yang sesuai adalah 3,02 ha; (2) Pantai Teupin Layeu Iboih sesuai untuk rekreasi pantai dan sangat sesuai untuk aktifitas diving dan aktifitas snorkeling.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIKAP WIRAUSAHA MASYARAKAT PESISIR DI DESA TEUPIN LAYEU KELURAHAN IBOIH KECAMATAN SUKAKARYA KOTA SABANG (Melly Lisa, 2013)

STRUKTUR KOMUNITAS ECHINODERMATA DI PERAIRAN PANTAI GAPANG, DESA IBOIH, KECAMATAN SUKAKARYA, SABANG (Yowanda Erlangga, 2018)

PENENTUAN PRIORITAS PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PARIWISATA DI PULAU WEH-ACEH DENGAN MENGGUNAKAN METODE LOCATION QUOTIENT (LQ) DAN ANALISIS NETWORK PROSES (ANP) (Herry Akbar, 2016)

HOTEL RESORT LHOKNGA ACEH BESAR (TEMA : ARSITEKTUR TROPIS) (Roja Apriadi, 2017)

PERAN SEKTOR PARIWISATA TERHADAP KESEJAHTERAAN DAN PENDAPATAN WARGA LOKAL (STUDI KASUS: IBOIH, SABANG) (Farah Masthura, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy