//

PERKEMBANGAN ETNIS TIONGHOA DI KOTA BANDA ACEH, 1945-2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CITRA AMELIA - Personal Name
SubjectETHNIC MINORITIES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Perkembangan, Etnis Tionghoa, Kota Banda Aceh. Skripsi ini berjudul Perkembangan etnis Tionghoa di Kota Banda Aceh 1945-2014. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana interaksi sosial antara sesama etnis Tionghoa serta interaksi antara etnis Tionghoa dengan etnis Aceh di Kota Banda Aceh 1945-2014, (2) untuk mengetahui kehidupan ekonomi etnis Tionghoa di Kota Banda Aceh 1945-2014. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode sejarah. Data-data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) masyarakat etnis Tionghoa di gampong Peunayong dan masyarakat etnis Aceh menjalin hubungan kemasyarakatan yang baik, yaitu melakukan pendekatan, tidak pernah merasa ada paksaan atau ancaman maupun konflik dan selalu memiliki kebersamaan dalam berkehidupan satu gampong dengan saling menyapa satu dengan yang lain, menghormati, menghargai, bekerja sama serta saling berkunjung antar sesama. Dengan adanya sikap saling menasehati dan saling mengingatkan sehingga terjalinlah suatu hubungan yang harmonis, baik dalam kehidupan sosial maupun dalam kehidupan ekonomi dan (2) Masyarakat etnis Tionghoa di gampong Peunayong sebagian besar bermata pencaharian sebagai pedagang, pegawai negeri sipil (PNS), karyawan swasta, nelayan, buruh kasar, dokter dan guru. Ini menandakan bahwa kehidupan etnis Tionghoa di gampong Peunayong sejahtera. Dari berbagai profesi itu, pedaganglah yang menjadi prioritas utama yang menunjang kehidupan keluarga etnis Tionghoa di gampong Peunayong.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN DAN INTERAKSI ETNIS TIONGHOA DI KOTA RNBLANGPIDIE (1900 – 2014) (sutri yunida, 2015)

HUBUNGAN ANTARA ETHNIC IDENTITY DENGAN SELF-ESTEEM PADA SISWA ETNIK TIONGHOA DI SMA METHODIST BANDA ACEH (Mawaddah Putri Soraiya, 2016)

KEHIDUPAN SOSIAL MINORITAS ETNIS TIONGHOA ( STUDI PADA KOMUNITAS ETNIS TIONGHOA ACEH DI BANDA ACEH) (Fathun Qarib Agusni, 2018)

INTERAKSI SOSIAL ANTARA MASYARAKAT ETNIS TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT ETNIS ACEH SUATU STUDI DI GAMPONG GEUDONG-GEUDONG KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN (ZIKRI, 2019)

INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT SETEMPAT DI KECAMATAN BLANGPIDIE (Khairatul Ulya Mukhtar, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy