//

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI PENGRAJIN KUPIAH RIMAN DI GAMPONG DAYAH ADAN KABUPATEN PIDIE, 1985-2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmaton - Personal Name
SubjectECONOMIC CONDITIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Perkembangan, Sosial Ekonomi, Kesejahteraan, Pengrajin Skripsi ini meneliti tentang Dinamika Sosial Ekonomi Pengrajin Kupiah Riman di Gampong Dayah Adan Kabupaten Pidie 1985-2014. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perkembangan sosial ekonomi pengrajin kupiah riman di gampong Dayah Adan Kabupaten Pidie pada periode 1985-2014 serta tingkat kesejahteraan pengrajin kupiah riman di gampong Dayah Adan Kabupaten Pidie pada periode 1985-2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode sejarah. Data dikumpulkan melalui perpustakaan, observasi dan wawancara. Bedasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Perkembangan sosial ekonomi pengrajin kupiah riman dari tahun 1985-2014 terus meningkat, hal ini dikarenakan permintaan kupiah riman di pasaran terus melaju, sehingga pekerjaan sebagai pengrajin mampu memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat gampong Dayah Adan. (2) Tingkat kesejahteraan pengrajin kupiah riman ada dua yaitu segi material dan spritual. Dari segi material khususnya dalam hal mempunyai barang utamanya yang menyangkut kebutuhan skunder misalnya kebutuhan rumah tangga, Tv, tape Recorder, Sepeda, kulkas. Secara logika mereka tidak sanggup membeli barang tersebut bila mereka tidak memiliki penghasilan. kemudian dari segi spritual mereka mengaku memilih sebagai pengrajin kupiah sebab memiliki keahlia, karena banyak diantara mereka merasa bangga dan bahagia menekuni pekerjaan sebagai pengrajin kupiah serta keinginan untuk melanjutkan warisan dari para pendahulu-pendahulu mereka.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RAGAM MOTIF DAN MAKNA YANG TERDAPAT PADA KUPIAH RIMAN DI DESA ADAN MEUNASAH DAYAH KECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE (Zakiati Am, 2018)

MODAL SOSIAL PADA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (SUATU STUDI PADA PEREMPUAN PENGRAJIN KELOMPOK TUNGKOP INDAH DI GAMPONG RAWA TUNGKOP, KECAMATAN INDRAJAYA, KABUPATEN PIDIE (Muhammad Syawal, 2016)

PERKEMBANGAN SOSIAL EKONOMI PENGRAJIN PANDE BESI RNDI GAMPONG BAET MESJID KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR, 1992-2014 (OPI ARISKA, 2014)

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI PETANI KARET GAMPONG ALUE TAMPAK, KECAMATAN KAWAY XVI, KABUPATEN ACEH BARAT, 1986-2014 (yusnidar, 2015)

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI PETANI KAKAO DI KECAMATAN TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA, 1999-2014 (Ida Zahara, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy