//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKURN KELAS IV SD NEGERI 56 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Afratun - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
CLASSROOM TECHNIQUES
EDUCATIONAL PSYCHOOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Model Group Investigation, Hasil Belajar, Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Kelas IV SD Negeri 56 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku kelas IV SD Negeri 56 Banda Aceh ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku kelas IV SD Negeri 56 Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan jenis penelitian eksperimen murni. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IVa berjumlah 28 siswa dan IVb berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Setelah data terkumpul, diolah, dianalisis menggunakan statistik uji-t, pada taraf signifikan α = 0,05. Dari analisis data diketahui nilai rata-rata siswa kelas IVa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Group Investigation adalah 80,25, sedangkan siswa IVb yang diajarkan tanpa menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation adalah 69,5. Berdasarkan pengujian hipotesis didapat bahwa t_hitung>t_tabel = 3,7 > 2,00. Sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran tipe Group Investigation pada subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku kelas IV SD Negeri 56 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KERAGAMAN MAKHLUKHIDUP DI LINGKUNGANKU KELAS IV SDN 5 BANDA ACEH (MERI AVRIDA, 2016)

PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Jul Siga Putra, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABARRN DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (maisarah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Yustia Sari, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PAJAK DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy