//

HUBUNGAN DOSIS METFORMIN DENGAN KONTROL GLIKEMIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN OBESITAS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang dr. Kurniadi Abdullah - Personal Name
SubjectDIABETES MELLITUS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Hubungan Dosis Metformin Dengan Kontrol Glikemik Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan Obesitas Di RSUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Latar Belakang Diabetes melitus tipe 2 (DMT2) ditandai dengan adanya resistensi insulin dan defisiensi insulin relatif. Metformin merupakan salah satu pilihan obat hiperglikemik oral. Dosis pemberian metformin didasarkan pada respon terapi yang dimulai dengan dosis rendah. Meskipun telah ada penelitian yang luas mengenai efek metformin terhadap kontrol glikemik, hingga saat ini belum ada kesepakatan tentang dosis terapetik metformin. Tujuan Penelitian ini bertujuanmembandingkan kadar gula darah puasa, gula darah post prandial dan HbA1c - paska pemberian metformin 1000 mg/hari, 1500 mg/hari dan 2000 mg/hari - pada pasien diabetes melitus tipe 2 dengan obesitas. Bahan dan Cara Penelitian ini merupakan uji klinis tidak tersamar pada 41 pasien DMT2 dengan obesitas yang dipilih secara consecutife sampling dari pasien yang berkeunjung ke poliklinik Endokrin Metabolik Diabetik RSUD Dr Zainoel Abidin dalam periode Juni sampai September 2014. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji One Way Anova, Kruskall- Wallis dan Mann-Whitney. Hasil Penelitian ini menunjukkan perbaikan KGD puasa, KGD 2 jam PP dan HbA1c pada semua kelompok. Meskipun demikian tidak tampak perbedaan yang bermakna pada rerata selisih KGD puasa (P: 0,65) dan KGD 2 jam PP (P: 0,864) antar kelompok. Sedangkan rerata selisih HbA1c antar kelompok didapatkan perbedaan yang bermakna (P:0,04). Kesimpulan Tidak ada hubungan yang bermakna antara dosis metformin dengan KGD Puasa, KGD 2 jam PP dan HbA1c pada pasien DMT2 dengan obesitas. Kata Kunci dosis metformin, diabetes melitus tipe 2, obesitas

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PH SALIVA PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 TERKONTROL DAN TIDAK TERKONTROL (STUDI PADA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (NELFIA YUNANDA, 2017)

HUBUNGAN KONTROL GLIKEMIK DENGAN RISIKO KEJADIAN OBSTRUCTIVE SLEEP APNEA (OSA) PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUDZA BANDA ACEH (Annisa Suherman, 2016)

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (anggia geubrina, 2015)

GAMBARAN GAYA HIDUP PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 SEBELUM MENDERITA DIABETES DI POLIKLINIK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 2010 (muhajir, 2014)

PROFIL RETINOPATI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD ZAINAL ABIDIN BANDA ACEH (Uzi Mardha Phoenna, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy