//

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU MEMELIHARA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUTPADA PASIEN DI POLI GIGI PUSKESMASKUTA MALAKA ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD - Personal Name
SubjectORAL HYGIENE-DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia merupakan hal yang perlu mendapat perhatian serius dari tenaga kesehatan karena prevalensi penyakit gigi dan mulut diderita oleh lebih dari 90% penduduk Indonesia. Tingginya angka penyakit gigi dan mulut sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah faktor perilaku masyarakat. Hal ini dikarenakan perilaku memiliki peran penting untuk mempengaruhi status kesehatan gigi dan mulut. Perilaku masyarakat menjaga kesehatan gigi dan mulut erat hubungannya dengan tingkat pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan gigi dan mulut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan perilaku memelihara kebersihan gigi dan mulut pada pasien di Poli Gigi Puskesmas Kuta Malaka Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan jumlah subjek sebanyak 96 orang. Cara pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan subjek yang memiliki pengetahuan menjaga kesehatan gigi dan mulut dalam kategori baik sebanyak 32 (33,3%) orang, kategori sedang 57 (59,4%) orang dan kategori buruk sebanyak 7 (7,3%) orang. Subjek yang memiliki perilaku menjaga kesehatan gigi dan mulut dalam kategori baik sebanyak 21 (21,9%) orang , kategori sedang sebanyak 63 (65,6%) orang dan kategori buruk sebanyak 12 (12,5%) orang. Disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan dan perilaku tentang pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut pada pasien di Poli Gigi Puskesmas Kuta Malaka Aceh Besar mayoritas berada dalam kategori sedang. Kata kunci : Pengetahuan, perilaku, pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERILAKU MASYARAKAT DENGAN TINGKAT KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS BLANG BINTANG ACEH BESAR (wildan yusuf, 2015)

KORELASI PENGETAHUAN MENGENAI KEBERSIHAN RONGGA MULUT DENGAN TINGKAT ORAL HYGIENE NARAPIDANA DI RUMAH TAHANAN NEGARA KLAS IIB BANDA ACEH (Nur Atika Dalimunthe , 2015)

TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN TENTANG PEMELIHARAAN KEBERSIHAN GIGI TIRUAN LEPASAN AKRILIK(STUDI PADA RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (NAZTASIA MURTILASARI, 2014)

FAKTOR-FAKTOR PERSONAL HYGIENE YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT MASYARAKAT DESA JUMPHOIH ADAN KECAMATAN MUTIARA KABUPATEN PIDIE (maulida ariska, 2014)

GAMBARAN TINGKAT KEBERSIHAN RONGGA MULUT ANAK TUNAGRAHITA DAN PERILAKU ORANG TUA (STUDI PADA YPAC ACEH TAHUN 2018) (MHD IQBAL SUNGKAR, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy