//

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM POSING.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rifaatul Mahmuzah - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas prog. studi magister pendidikan matematika
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rifaatul Mahmuzah (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing. Salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, untuk itu siswa sangat dituntut memiliki kemampuan berpikir yang lebih tinggi seperti kemampuan berpikir kritis. Penggunaan kemampuan berpikir kritis yang tepat akan sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Selain berpikir kritis, aspek lain yang sangat penting untuk ditingkatkan dalam pembelajaran matematika adalah sikap atau pandangan positif siswa terhadap matematika atau dikenal dengan istilah disposisi matematis. Pendekatan problem posing yang dalam proses pembelajarannya mengharuskan siswa untuk mengajukan soal serta membuat penyelesaiannya diduga akan mampu mengembangkan kemampuan berpikir siswa terutama kemampuan berpikir kritis matematis dan mengubah pandangan siswa terhadap matematika menjadi lebih positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan problem posing dan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional baik secara keseluruhan maupun berdasarkan level siswa. Penelitian ini menggunakan desain pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Banda Aceh pada tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dua kelas yaitu kelas VII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII4 sebagai kelas kontrol melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis dan lembar angket skala disposisi matematis. Uji statistik yang digunakan untuk mengalisis data peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis adalah uji anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan problem posing lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Ditinjau berdasarkan level siswa, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan pendekatan problem posing juga lebih baik daripada dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, namun hal ini tidak berlaku untuk disposisi matematis. Kata kunci: Pendekatan Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Disposisi Matematis.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA. (FERI IRAWAN, 2014)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Lia Fitria, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Mutia Fariha, 2013)

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Rifki Maqfirah, 2017)

PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MIND MAP (Purwanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.