//

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA RNPADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH RNDI SMA NEGERI 2 PEUSANGAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANWAR AR - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Anwar AR. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Kerja Ilmiah Siswa Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di SMA Negeri 2 Peusangan. Tesis, Pembimbing I. Dr. Samingan, M.Si, Pembimbing II, Dr.Khairil, M.Si. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Peningkatan hasil belajar siswa pada konsep sistem peredaran darah yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis praktikum (2) Peningkatan kemampuan kerja ilmiah siswa pada konsep sistem peredaran darah yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis praktikum dibandingkan pembelajaran konvensional. Pengambilan data dilakukan di SMA Negeri 2 Peusangan pada tanggal 19 Agustus sampai dengan 16 September 2013. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain kontrol grup tes awal dan tes akhir. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 127 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk menilai hasil belajar berupa soal pilihan ganda dan kemampuan kerja ilmiah siwa berupa lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan uji-t pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji-t menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan (p>0,05) antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis praktikum dengan pembelajaran konvensional, (2) terdapat peningkatan skor kemampuan kerja ilmiah siswa yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis praktikum dengan pembelajaran konvensional. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Pembelajaran berbasis praktikum pada konsep sistem peredaran darah dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (2) Skor kemampuan kerja ilmiah siswa dengan pembelajaran berbasis praktikum lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Metode Praktikum, Hasil Belajar, Kerja Ilmiah Siswa, Sistem Peredaran Darah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF RNTIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KERJA ILMIAH DAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN RNMANUSIA DI SMA NEGERI I SIGLI (ROSDIANI, 2015)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LAWE SIGALAGALA TAHUN PELAJARAN 2012-2013 (MUZAKKIR, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (CUT MERAH DIANA, 2014)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KABUPATEN BIREUEN (Putri Liana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy