//

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG BAHAYA ASAP ROKOK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nona Rajna - Personal Name
SubjectCIGARETTES
SMOKING
KNOWLEDGE
ATTITUDES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: pengetahuan, sikap, mahasiswa, bahaya asap rokok Penelitian ini mengenai ”Hubungan Pengetahuan dengan Sikap tentang Bahaya Asap Rokok pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh”. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan April 2014. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap tentang bahaya asap rokok pada mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian non-eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi dari angkatan 2010, 2011, 2012 dan 2013 berjumlah 408 orang. Penentuan sampel digunakan dengan teknik rancangan simple random sampling dan didapat sebanyak 60 orang, setiap angkatan diambil 15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberi angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan mempunyai hubungan sangat kuat (r= 0,84) dengan sikap tentang bahaya asap rokok. Berdasarkan hasil analisis uji t, menunjukkan bahwa thitung = 12 dan ttabel = 2. Responden yang memiliki pengetahuan baik sebanyak 60 responden atau 100% dengan sikap yang baik sebanyak 59 responden atau 98,3%. Kesimpulannya terdapat hubungan antara pengetahuan dengan sikap tentang bahaya asap rokok pada mahasiswa pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG BAHAYA MEROKOK DENGAN SIKAP DAN PERILAKU MEROKOK MAHASISWA KESEHATAN DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Nur Mahabbah, 2015)

WILLINGNESS TO PAY MAHASISWA UNTUK BERHENTI MEROKOK (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH) (TRAMA WIGRAHA GINTING, 2018)

TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP KANKER PAYUDARA (NAZMIANTI, 2014)

HUBUNGAN ANTARA FREKUENSI, DURASI, JENIS ROKOK, DAN KADAR NIKOTIN DENGAN SMOKER’S MELANOSIS PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Cut Dinda Sonia Tia, 2015)

ANALISIS PENGARUH TARIF CUKAI TEMBAKAU DAN PESAN BERGAMBAR BAHAYA ROKOK TERHADAP KONSUMSI ROKOK DI KOTA BANDA ACEH (Puput Arisna , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy