//

Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Induktif dan Pendekatan Deduktif Pada Materi Balok dan Kubus Kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Noviani - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : hasil belajar, pendekatan induktif, pendekatan deduktif, balok dan kubus. Belajar merupakan suatu proses kegiatan yang mengakibatkan suatu perubahan tingkah laku. perubahan tingkah laku itu sendiri merupakan hasil belajar. Untuk melihat hasil belajar siswa maka guru menggunakan pendekatan induktif dan deduktif. Pendekatan induktif adalah pendekatan yang berproses dari hal-hal yang bersifat konkret menjadi abstrak, dari contoh khusus ke rumus umum. Pendekatan deduktif adalah pendekatan yang berproses dari hal-hal yang abstrak ke konkret, dari definisi atau rumus ke contoh-contoh. Pendekatan deduktif merupakan kebalikan dari pendekatan induktif dan dari kedua pendekatan itu memiliki kekuatan dan kelemahan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Induktif dan Pendekatan Deduktif Pada Materi Balok dan Kubus di Kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan induktif dan pendekatan deduktif pada materi balok dan kubus di kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh. Adapun hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan induktif dan pendekatan deduktif pada materi balok dan kubus di kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh dan sampel penelitian kelas VIII-A yang menggunakan pendekatan induktif dan kelas VIII-B menggunakan pendekatan deduktif yang berlokasi di SMP Negeri 16 Banda Aceh. Data penelitian di peroleh dari hasil tes akhir. Data ini diolah dan dianalisis menggunakan uji-t dua pihak. Dari hasil pengolahan data didapat thitung = 4,56 dan ttabel = 2,01 berarti thitung tidak berada diantara -2,01 dan 2,01 sehingga H0 ditolak. Dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan pendekatan induktif dan pendekatan deduktif pada materi balok dan kubus di kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (IIN ZIKRA MAULIDA, 2014)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII MTSN RUKOH DALAM MENULIS PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF (Jumiati, 2016)

EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MA TERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Nova Zulvita Sari, 2017)

PERBEDAAN PENDEKATAN INDUKTIF DENGAN DEDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI DI MAN RUKOH (Musrika, 2017)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI HANDS ON PROBLEM SOLVING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA CAEH (Annisa Mustika, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy