//

UPAYA ORANG TUA DALAM MEMBINA KARAKTER ANAK DI DESA SIMPANG KELAPING KECAMATAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang rusnaini - Personal Name
SubjectCHARACTER EDUCATION
PARENTS
CHARACTER - CHILD PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: orang tua membina karakter anak Penelitian dengan judul “upaya orang tua membina karakter Anak Di Desa Simpang Kelaping Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah”. Dengan melihat banyaknya permasalahan yang terjadi tentang perilaku yang tidak sesuai dengan adat istiadat, penyelewengan tingkah laku anak baik dari segi etika, moral maupun perhatian orang tua terhadap sikap dari anaknya. Penelitian ini memiliki rumusan masalah 1). Bagaimana upaya orang tua membina karakter anak. 2). Karakter-karakter apa saja yang dibina orang tua. 3). Kendala-kendala apa saja yang di hadapi orang tua membina karakter anak. 4). Bagaimana cara orang tua menghadapai kendala-kendala dalam membina karakter anak. Dengan tujuan penelitian untuk mendiskripsikan peran orang tua membina karakter anak, karakter-karakter apa saja yang dibina orang tua, kendala-kendala orang tua dalam membina karakter anak dan upaya orang tua dalam menghadapi kendala-kendala dalam membina karakter anak. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif. sampel dalam penelitian penelitian ini adalah orang tua berjumlah 15 orang tua di ambil dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa upaya orang tua dalam membina karakter anak, orang tua berupaya membina karakter anak mereka sejak diusia dini. Karakter-karakter yang dibina orang tua adalah disiplin, jujur, peduli, kesederhanaan, religius, keperdulian. Kendala orang tua dalam membina karakter anak diantaranya dalam membentuk kedisiplinan orang tua mengalami kesulitan dikarenakan kesibukan anak dalam bermain. Upaya yang dilakukan orang tua dalam menghadapi kendala dengan memberikan pengawasan terhadap anak. Jadi kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1).Orang tua berupaya membina karakter anak mereka sejak diusia dini, orang tua membiasakan anak untuk mengikuti kebiasaan yang dibiasakan orang tuanya.2). Karakter-karakter yang dibina orang tua adalah disiplin, jujur, peduli, kesederhanaan, religius 3). kendala-kendalaorang tua membina karakter anak diantaranya dalam membentuk kedisiplinan anak orang tua memiliki kesulitan kurangnya minat anak dalam melakukan sesuatu.4). Upaya orang tua dalam menghadapi kendala-kendala yaitu dengan memberikan nasehat-nasehat kepada anak. Sedangkan saran dalam penelitian ini Pembinaan karakter anak merupakan hal yang utama bagi orang, agar anak dapat memiliki karakter yang baik guna memiliki masa depan yang cerah bukan hanya dari kepintaran anak saja melainkan karakter juga hal yang terpenting bagi anak, dengan adanya penelitian ini orang tua juga lebih peduli terhadap apa pun yang terjadi dan lebih paham berupaya dalam menghadapi kendala-kendala yang terjadi kepada anak, orang tua juga tidak hanya membina karakter anak melalui cara mereka sendiri melainkan melihat teori-teori dalam membina karakter anak.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

A CONTENT ANALYSIS OF THE VALUES OF CHARACTER EDUCATION IN HABA PUTROE KAOY (RIZKA MULYA PHONNA, 2019)

A STUDY ON CHARACTERIZATION OF THE MAIN CHARACTER IN "THE FAULT IN OUR STARS" (A NOVEL BY JOHN GREEN) (annisa patmarinanta, 2016)

MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER RELIGIUS ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI TK FKIP UNSYIAH (Liana Sari, 2017)

PERAN ORANG TUA DALAM MEMBINA NILAI KARAKTER ANAK DI KECAMATAN SIMPANG TIGA ACEH BESAR (Sri Rahmayanti Ks, 2016)

ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM KUMPULAN CERITA RAKYAT ACEH BERNUANSA DAMAI (Nurfitri SA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy