//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THE POWER OF TWO DAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Husnul Khatimah - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata kunci: perbandingan, hasil belajar, The Power of Two, Think Pair Share Model pembelajaran kooperatif The Power of Two dan Think Pair Share memiliki kesamaan dalam pelaksanaan pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam menginterpretasikan ide dan memahami materi. Perbedaan antara kedua model tersebut adalah pada proses pengelompokan siswa. Pada model pembelajaran The Power of Two siswa dikelompokkan secara heterogen dengan memperhatikan kemampuan masing-masing siswa agar saling melengkapi. Pada model pembelajaran Think Pair Share siswa dikelompokkan secara acak tanpa memperhatikan kemampuan masing-masing siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar dengan menggunakan model kooperatif The Power of Two lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran model Think Pair Share pada materi hubungan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar IPS Terpadu antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif The Power of Two lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran model Think Pair Share. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Banda Aceh yang berjumlah 83 siswa. Penentuan sampel dilakukan secara random yang berjumlah 26 siswa, yang terdiri dari 2 kelas. Kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran The Power of Two dan kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Hasil belajar siswa dihitung dengan menggunakan uji-t. Hasil penghitungan diperoleh thitung = -0,22 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 = 14 + 12 – 2 = 24 adalah 1,71, jadi thitung < ttabel , maka H0 diterima dan akibatnya Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS Terpadu dengan menggunakan model pembelajaran tipe The Power of Two sama dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN THINK TALK WRITE PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMPN 3 MONTASIK (ALFATHAL DINA, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE CHANGE OF PAIRS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (FAHMI RIJA ARHAS, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (IRNA MAULIDAR, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (LISA RAMADHANI, 2015)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV SDN UJONG KUTA (Murni Asdar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy