//

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MODIFIKASI GAYA HIDUP PADA ANGGOTA KELUARGA YANG MENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAJHU KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Fajar - Personal Name
SubjectHYPERTENSION-MEDICINE
LIFE STYLE MODIFICATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MODIFIKASI GAYA HIDUP PADA ANGGOTA KELUARGA YANG MENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAJHU KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2014 ABSTRAK Tingginya kasus hipertensi biasanya disebabkan oleh kurangnya kesadaran penderita hipertensi dalam melakukan modifikasi gaya hidup. Untuk keberhasilan dijalaninya modifikasi gaya hidup yang sehat oleh penderita hipertensi perlu adanya dukungan dari keluarga karena dukungan keluarga merupakan satu bentuk terapi yang dapat membantu mengatasi masalah kesehatan yang ada di keluarganya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan modifikasi gaya hidup pada anggota keluarga yang menderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Kajhu Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar tahun 2014. Desain penelitian ini bersifat deskriptif korelatif dengan sampel 53 orang, menggunakan tenik pengambilan sampel cluster sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Pengolahan data menggunakan Rank Spearman Correlation. Hasil analisis bivariat didapatkan ada hubungan dukungan emosional keluarga dengan modifikasi gaya hidup pada anggota keluarga yang menderita hipertensi (p-value 0,005), ada hubungan dukungan penghargaan keluarga dengan modifikasi gaya hidup pada anggota keluarga yang menderita hipertensi (p-value 0,003), ada hubungan dukungan instrumental keluarga dengan modifikasi gaya hidup pada anggota keluarga yang menderita hipertensi (p-value 0,010), ada hubungan dukungan informasi keluarga dengan modifikasi gaya hidup pada anggota keluarga yang menderita hipertensi (p-value 0,013), dan ada hubungan dukungan keluarga dengan modifikasi gaya hidup pada anggota keluarga yang menderita hipertensi (p-value 0,000). Dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan informasi serta gambaran tentang dukungan keluarga terhadap modifikasi gaya hidup pada penderita hipertensi kepda pihak Puskesmas untuk dapat menjadi tolak ukur dalam mengatasi dan mencegah tingginya angka kejadian hipertensi di wilaya kerjanya. Kata Kunci : Dukungan, keluarga, modifikasi gaya hidup, hipertensi Daftar bacaan : 38 buku, 8 jurnal, 2 sumber online (2002-2012)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA LEPRA DI PUSKESMAS TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA TAHUN 2014 (NURMASYITHAH, 2015)

KEMAMPUAN CAREGIVER MERAWAT ANGGOTA KELUARGA DENGAN HIPERTENSI DI GAMPONG CEURIH KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2015 (Novia Rahmi, 2015)

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN GAYA HIDUP PADA LANJUT USIA YANG MENGALAMI PENYAKIT HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA RNPUSKESMAS ULEE KARENGRN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Rahmatul Maulida, 2014)

GAMBARAN FAKTOR RISIKO TERJADINYA PENYAKIT JANTUNG HIPERTENSI DI RSUD DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Naili Rahmi, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PEMENUHAN NUTRISI PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (EKA MAULIDIA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy