//

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACYRNSISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DISKURSIF.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang marlina - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Magister Pendidikan Matematika
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Marlina (2013) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Diskursif. Kemampuan komunikasi adalah salah satu kemampuan matematis yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik akan dapat membuat representasi yang beragam. Hal ini akan memudahkan siswa dalam membuat bermacam alternatif penyelesaian sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Salah satu pendekatan pembelajaran yang berpeluang untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy matematis siswa adalah pembelajaran dengan pendekatan diskursif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa dengan menggunakan pendekatan diskursif ditinjau berdasarkan keseluruhan siswa dan pengelompokan siswa. Penelitian ini menggunakan bentuk pretes-postes grup kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-efficacy siswa. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan diskursif lebih baik daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan konvensional baik ditinjau berdasarkan keseluruhan siswa maupun ditinjau berdasarkan pengelompokan siswa. Untuk self-efficacy disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan self-efficacy antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan diskursif lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan analisis disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara faktor pendekatan pembelajaran dan pengelompokan siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa sedangkan untuk faktor pendekatan pembelajaran dan pengelompokan siswa terhadap self efficacy siswa tidak terdapat interaksi. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Efficacy, Pendekatan Diskursif.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN SAVI DAN PENDEKATAN REALISTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP (Asmaul Husna, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Zinatun Hayati, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOFTWARE HOT POTATOES (FATIMAH NUR, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Muhammad Ridha, 2017)

PENERAPAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMAN 1 BANDA ACEH (LAILATUL QADRI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy