//

APLIKASI METODE GEOLISTRIK POLE-DIPOLE UNTUK KAWASAN PANAS BUMI IE SEU-UM ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syahrul Hidayat - Personal Name
SubjectELECTRICITY
GEOTHERMAL ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian tentang Interpretasi 2D Struktur Bawah Permukaan pada kawasan panas bumi Ie Seu-um, Aceh Besar menggunakan metode geolistrik resistivitas 2D konfigurasi pole-dipole, dengan alat Terameter ABEM SAS 4000. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai resistivitas batuan bawah permukaan pada kawasan panas bumi Ie Seu-um dengan pemodelan 2-D berdasarkan data pengukuran, kemudian melakukan interpretasi data geolistrik resistivitas 2-D tersebut dalam bentuk struktur bawah permukaan dan menentukan pola aliran hidrotermal di sekitar sumber mata air panas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua lintasan pengukuran memiliki nilai resistivitas yang bervariasi, mulai dari resistivitas rendah (300 Ωm). Dari tiga lintasan pengukuran, salah satu lintasan pengukuran memiliki nilai resistivitas rendah. Hal ini menunjukkan sifat batuan yang sangat konduktif karena lintasan ini berada sangat dekat dengan sumber mata air panas. Sedangkan kedua lintasan yang lain, mempunyai nilai resistivitas yang mulai nilai rendah hingga tinggi. Hasil interpretasi menunjukkan suatu pola resistivitas yang rendah (1-8 Ωm) pada ketiga lintasan diduga sebagai lapisan pembawa air panas dan digambarkan dalam model yang dihasilkan. Kata kunci: metode resistivitas, hidrotermal, aliran air panas

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI POLE-DIPOLE UNTUK MENENTUKAN ZONA LAPUK (WEATHERED ZONE) DI KAWASAN BLANG BINTANG ACEH BESAR (ikrammullah, 2016)

ANALISIS KEBERADAAN SESAR PADA KAWASAN PANAS BUMI IE JUE MENGGUNAKAN METIDE GEOLISTRIK INDUKSI POLARISASI (IP) DAN RESISTIVITAS (Syafrizal, 2018)

KEKUATAN MODAL SOSIAL MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN PANAS BUMI (GEOTHERMAL) DI ACEH (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA MUKIM GUNONG BIRAM SEULAWAH, ACEH BESAR) (Aryawan Bancin, 2016)

PENENTUAN PERLAPISAN BAWAH PERMUKAAN BERDASARKAN DATA IP (INDUCED POLARIZATION) DI KAWASAN GEOTERMAL IE SEU-UM (M.Yusuf Sumardi, 2015)

IDENTIFIKASI STRUKTUR RESISTIVITAS DANGKAL MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI WENNER-SCHLUMBERGER DI KAWASAN GUNUNG JABOI, KOTA SABANG (meila puspita, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy