//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI MENJUMLAHKAN PECAHAN BIASA UNTUK SISWA KELAS RNV SDN 37 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang dewi misra - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe STAD, Menjumlahkan Pecahan Latar belakang dalam penelitian ini adalah pengajar belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Penelitian ini berjudul “ Penerapan Pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada materi operasi menjumlahkan pecahan biasa siswa kelas V SD Negeri 37 Banda Aceh. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi menjumlahkan pecahan biasa siswa kelas V SD Negeri 37 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penerapan model kooperatif tipe STAD pada materi menjumlahkan pecahan biasa. Hipotesis yang dikemukakan adalah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi menjumlahkan pecahan biasa pada siswa kelas V SD Negeri 37 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 37 Banda Aceh dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 37 Banda Aceh dan sampel yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 15 perempuan dan 13 laki-laki maka seluruh populasi merupakan sampel penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan statistik sederhana uji-t. Hasil analisis data adalah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi operasi menjumlahkan pecahan biasa di kelas V SD Negeri 37 Banda Aceh. Simpulan penelitian ini berlaku untuk populasi, yaitu siswa kelas V SD Negeri 37 Banda Aceh tahun ajaran 2013/2014 dan dapat diterima kebenarannya dengan t hitung 3,73 dan t tabel 1,70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi menjumlahkan pecahan biasa dapat mencapai ketuntasan belajar siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 1 JEUMPET (Lusia Fitriana, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DI KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH (maya masyittah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA DI KELAS IV SDN 62 BANDA ACEH (, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE STAD PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Zakiah Rahmi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.