Salmawati. PENGENALAN MINAT MEMBACA PADA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TAMAN KANAK KANAK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (TK-PAUD) MUTIARA HATI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN SIMEULUE. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Kata kunci: minat membaca, media gambar, tk-paud penelitian ini membahas tentang: pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar di taman kanak kanak pendidikan anak usia dini (tk-paud) mutiara hati sanggar kegiatan belajar (skb) kabupaten simeulue. rumusan masalah: (1) bagaimana pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud, (2) apa hambatan yang dialami guru dalam upaya pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud, dan (3) strategi apa saja yang dilakukan guru untuk menarik minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud. penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud, (2) untuk mengetahui hambatan yang dialami guru dalam upaya pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud, (3) untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru untuk menarik minat membaca pada anak

Baca Juga : PROSES PEMBELAJARAN TARI BATOK DI TAMAN KANAK-KANAK BUNGONG SEULEUPOEK (SEKAR RATIH, 2018) ,

Baca Juga : HUBUNGAN PERILAKU MENONTON DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-AZHAR KOTA BANDA ACEH (DEBBI APRILIA, 2017) ,

ngan menggunakan media gambar pada tk-paud. pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif untuk menentukan variabel yang akan diteliti. subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang guru dan anak pada tk-paud. untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan instrumen wawancara. analisis datanya secara kualitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud sudah sangat bagus, (2) hambatan yang dialami guru dalam upaya pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud adalah guru yang kurang menguasai metode dan strategi mengajar dan anak-anak yang lebih senang bermain dari pada belajar, dan (3) strategi yang dilakukan guru untuk menarik minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud adalah dengan menggunakan media gambar. hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud sudah sangat bagus, (2) hambatan yang di alami guru dalam upaya pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud adalah guru yang kurang menguasai metode dan strategi mengajar, juga anak-anak yang sudah terbiasa dengan bermain menjadi bosan dengan belajar membaca, dan (3) strategi yang dilakukan guru untuk menarik minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud adalah dengan menggunakan media gambar, terutama gambar yang berwarna untuk menarik minat anak agar mau membaca. saran: (1) kepada sekolah dan pemerintah diharapkan agar dapat melengkapi fasilitas belajar mengajar dan (2) kepada guru diharapkan agar dapat terus meningkatkan kompetensinya.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF, PARITAS DAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP STATUS GIZI MURID TAMAN KANAK - KANAK FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN UNSYIAH KOTA BANDA ACEH (Aznil Fajri, 2015) ,

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI TK PERISKA TANI SAREE (Yuli Safriyani, 2018) ,

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BAHAN BEKAS DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KABUPATEN ACEH BESAR (Khairatul Husna, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi