Surasta Sari Dewi. MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISIRNPROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKARNUNIVERSITAS SYIAH KUALA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci : motivasi belajar, prestasi belajar, mahasiswa bidikmisi penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar beberapa mahasiswa bidikmisi program studi pendidikan matematika fkip universitas syiah kuala,diduga penyebabnyaadalahmotivasi belajar yang rendah.penelitian ini bertujuan untuk:(1) mendeskripsikan motivasi belajar mahasiswa bidikmisi program studi pendidikan matematika fkip universitas syiah kuala;(2) mengetahui hubungan antara motivasi dan prestasi belajar mahasiswa bidikmisi program studi pendidikan matematika fkip universitas syiah kuala. populasi penelitian ini mencakup seluruh mahasiswa bidikmisi program studi pendidikan matematika fkip universitas syiah kuala.sampel sebanyak 38 mahasiswa diambil dengan teknik simple random sampling.jenis penelitian ini adalah survei (kuantitatif) dengan pendekatan deskriptif korelasional. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angketdan dokumentasi.instrumen angket motivasi belajar dianalisis

Baca Juga : MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI DITINJAU DARI INDEKS PRESTASI KUMULATIF ( SUATU STUDI PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2016) (Cut Irmasita, 2018) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG MENERIMA BIDIK MISI DENGAN MAHASISWA NON BIDIK MISI (Nanda Usvita, 2018) ,

n validitas butir product moment dan reliabilitas alpha cronbachsehingga diperoleh 31 butir pernyataan valid dan reliabelsangat tinggi (r_11= 0,8762). teknik analisis data yang digunakan adalah statistik sederhana (deskriptif)dan statistik inferensial/parametrik (analisis regresi linear sederhana dan analisis korelasi product momentdari pearson). pengolahan datamenggunakan program tambahan ms. excel (stat97.xla) dan spss. hasil analisis data menunjukkan bahwa:(1) motivasi belajar mahasiswa bidikmisi program studi pendidikan matematika fkip universitas syiah kuala pada tahun akademik 2014 adalah 70,98% dari yang diharapkan (100%), dengan motivasi instrinsik sebesar 37,21% dan motivasi ekstrinsik sebesar 33,77% sehingga berkategori sedang; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar mahasiswa bidikmisi program studi pendidikan matematika fkip universitas syiah kuala,dengan harga koefisien determinasi r2 = 0,242.harga r2 tersebut menunjukkan bahwa pengaruh motivasi belajar terhadap tinggi rendahnya prestasi belajar mahasiswa bidikmisi hanya sebesar 24,21%, sedangkan sisanya 75,79% dipengaruhi oleh faktor lain.dengan demikian, disarankan untuk melakukanpenelitian tentang pengaruh faktor lain yang berkaitan dengan prestasi belajar mahasiswa bidikmisi program studi pendidikan matematika fkip unsyiah sehingga diperoleh informasi mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI DENGAN NON BIDIKMISI SUATU STUDI PADA MAHASISWA FKIP EKONOMI UNSYIAH (Safwan, 2019) ,

HUBUNGAN PARTISIPASI MAHASISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Halim Tezar Kusuma, 2016) ,

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2013 (eka maulidya, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi